PENGUKURAN DAN PERBAIKAN POSTUR KERJA DENGAN METODE ROSA PADA TENAGA KERJA PENGOLAHAN DATA DI BAGIAN REKAM MEDIS RSUD AL-IHSAN BANDUNG (STUDI KASUS : PERANCANGAN SISTEM KERJA DAN ERGONOMI)

Kayla, Livianni Untari and Dedeh Kurniasih, pembimbing1 (2023) PENGUKURAN DAN PERBAIKAN POSTUR KERJA DENGAN METODE ROSA PADA TENAGA KERJA PENGOLAHAN DATA DI BAGIAN REKAM MEDIS RSUD AL-IHSAN BANDUNG (STUDI KASUS : PERANCANGAN SISTEM KERJA DAN ERGONOMI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Kayla Livianni Untari_183010062.pdf

Download (623kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pontensi bahaya selain di lapangan dapat terjadi juga di dalam perkantoran yang disebut dengan ergonomi perkantoran. Bahaya ini dapat berasal dari desain kerja, layout ataupun aktivitas kerja yang buruk. RSUD Al-Ihsan Bandung sebagai salah satu industri kesehatan memiliki bagian rekam medis yang bertanggung jawab dalam aspek administrasi, medis, penelitian, dokumentasi, dan lainl-ain. Memiliki tingkat hubungan antara tenaga kerja dan komputer yang tinggi membuat tenaga kerja terbut memiliki resiko kerja seperti musculoskeletal disorder. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan resiko kerja dengan menggunakan metode SNQ dan penilaian resiko kerja terkait hubungan antara tenaga kerja dengan komputer metode ROSA. Hasil penelitian menunjukkan penyebab tingginya resiko kerja adalah dari fasilitas kerja yang belum mendukung dan sesuainya dengan ukuran tubuh para tenaga kerja. Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan fasilitas kerja, beserta penelitian lebih lanjut mengenai pelatihan dan sosialisasi penerapan ergonomi perkantoran dalam lingkungan kerja. Kata Kunci : Ergonomi perkantoran, resiko kerja, ROSA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:26
Last Modified: 17 Mar 2023 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62657

Actions (login required)

View Item View Item