Analisis Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Serial Animasi Adit dan Sopo Jarwo Relevansinya Dengan Pendidikan Kewarganegaraan

Andriyan, Kiki, 185010018 (2023) Analisis Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Serial Animasi Adit dan Sopo Jarwo Relevansinya Dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI-1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20230316004725.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI-5-6.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI-15-34.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI-35-52.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI KIKI-53-113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI KIKI-114-120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
SKRIPSI KIKI-121-124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI-125-128.pdf

Download (361kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui nilai-nilai multikulturalsime apa yang teradapat dalam serial animasi Adit dan Sopo Jarwo dan apa relevansinya dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Pada saat ini masyarakat multikultural di Indonesia telah mengalami degradasi pemahaman mengenai multikulturalisme hal ini ditandai dengan mudahnya masyarakat tersulut emosi dengan isu-isu rasial yang kerap terjadi di kehidupan sosial. Isu-isu rasial yang berkaitan dengan agama, kebudayaan, suku, bahasa, dan ras kerap menjadi cikal bakal terjadinya konflik horizontal. Terbaru yang ramai dibicarakan di media sosial mengenai penolakan pendirian rumah ibadah oleh Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. Lunturnya nilai persatuan dan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai multikultural di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu menjadi ancaman yang nyata bagi bangsa yang plural. Hal-hal yang sensitif bisa memicu pertikaian antargolongan yang bisa saja merenggut korban jiwa di dalam setiap tragedinya. Hal tersebut menjadi dasar peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang multikulturalisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tinjauan pustaka (library research), yaitu penelitian yang mengkaji dan menganalisissumber-sumber pustaka seperti jurnal dan lain sebagainya. Penelitian ini identik dengan penelitian teks dan wacana yang akan menyelidiki peristiwa, baik berupa perbuatan atau teks yang diteliti guna menjadi fakta yang tepat untuk mencari asal usul atau sebab akibat dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini peneliti akan mencari peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam Film Animasi Adit dan Sopo Jarwo serta relevansinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa di dalam serial animasi Adit dan Sopo Jarwo terdapat nilai-nilai multikulturalisme yang memiliki relevansi dengan Pendidikan Kewarganegaraan, di antaranya toleransi, kerjasama antar umat beragama, solidaritas antar manusia, cinta tanah air, menghargai kemajemukan, gotong royong, mengedepankan kepentingan bersama, kebijaksanaan, musyawarah, dan keadilan sosial. Kata Kunci: Nilai-Nilai, Multikulturalisme, Adit dan Sopo Jarwo, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:13
Last Modified: 17 Mar 2023 02:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62651

Actions (login required)

View Item View Item