PEMANFAATAN MEDIA NERPOD DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KANDANGHAUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

AMBARINI, ARISKA, 185030046 (2023) PEMANFAATAN MEDIA NERPOD DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KANDANGHAUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel yang telah dibaca atau didengar dalam bentuk tulisan. Salah satu faktornya adalah pendidik kurang memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dalam bentuk tulisan menggunakan media nearpod; Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel yang didengar dalam bentuk tulisan; mengkaji perbedaan kemampuan antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media nearpod dan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan media power point; dan mengkaji keefektifan media nearpod pada pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dalam bentuk tulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penulis mampu mengkaji perencanaan pembelajaran menggunakan media nearpod dengan nilai sebesai nilai 3,7, dan melaksanakan serta menilai pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan nilai sebesar 3,64. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media nearpod dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan nilai rata-rata pada pretest sebesar 54,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 88,00. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media nearpod, dengan kelas kontrol yang menggunakan media power point. Hal tersebut dilandas dari perhitungan statistik uji wilcoxon. Media nearpod efektif digunakan pada pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dalam bentuk tulisan. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data mann-whiteney dalam tabel statistik test yang menunjukkan Asymp.sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Artinya media nearpod efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel. Kata kunci: Menceritakan kembali, teks fabel, nearpod.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:58
Last Modified: 17 Mar 2023 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62650

Actions (login required)

View Item View Item