ANALISIS PENDIDIKAN MUATAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK WARGA NEGARA MUDA BERLANDASKAN PANCASILA (Studi Kasus di Gugus Depan SMP Negeri 2 Banjaran)

Rahman, Muhamad Rizki Fahri (2023) ANALISIS PENDIDIKAN MUATAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK WARGA NEGARA MUDA BERLANDASKAN PANCASILA (Studi Kasus di Gugus Depan SMP Negeri 2 Banjaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan kepada siswa agar dapat mengetahui, mengevaluasi, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya dari pembelajaran di kelas maupun hasil dari pengalaman dalam kehidupan sehariharinya sehingga mereka mampu menjadi lebih baik lagi dalam segi afektif, kognitif, dan psikomotoriknya Akan tetapi Pendidikan yang berisikan ilmu pengatuahuan dan teknologi dan juga teori-teori pengetahuan lainnya tidaklah cukup, belakangan ini sangat banyak sekali kasus yang terjadi di lingkungan sekolah seperti bullying, tidak menghormati guru, merokok, berkelahi sesama peserta didik, dan kurangnya sikap sopan santun. Pendidikan pramuka yang dapat selasaras dengan Pendidikan kewarganengaraan dalam membentuk karakter peserta didik berbasis alam terbuka namun belum banyak yang tahu. Masih rendahnya karakter peserta didik di sekolah sehingga dapat menyebabkan jiwa nasionalisme dan jiwa kepemimpinan berkurang. Dengan tujuan penelitian ini adalah sebagi berikut: Mengetahui apa saja program kerja Pramuka di pangkalan SMP Negeri 2 Banjaran yang berhubungan dengan Pendidikan karakter. Peneliti juga harus memahami fokus masalah dan peneliti perlu terjun langsung ke lapangan dan secara pribadi mengidentifikasi subjek penelitian yang diinginkan dan menjelaskan bahwa penelitian kualitatif ini merupakan teks naratif dari hasil laporan sederhana dan catatan lapangan yang sebenarnya. Proses penelitian kualitatif mencakup sejumlah langkah penting termasuk menulis pertanyaan, mengumpulkan data rinci, hingga menguraikan maksud data, dan melaporkan data penelitian dengan format kerangka kerja yang fleksibel. Pendidikan kepramukaan merupakan metode pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter didalmnya dengan menggunakan metode yang harus kreatif, rekreatif, inovativ, dan edukatif untuk membentuk peserta didik lebih disiplin dan lebih berjiwa nasionalis. Pembentukan karakter berbasis pendidikan kepramukaan berlandaskan pancasila di lingkungan SMP Negeri 2 Banjaran telah di buat dalam program kerja yang disusun oleh pihak pembina dan selaras dengan darma-darma dalam pramuka diantaranya didalam tri stya dan dasa dharma pramuka, pendidikan kepramukaan ini dapat menimbulkan perubahan terhadap sikap dan perilaku peserta didik yang menjadikan mereka lebih disiplin dan lebih berjiwa nasionalis. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Kepramukaan, Nasionalis, Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:15
Last Modified: 16 Mar 2023 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62628

Actions (login required)

View Item View Item