RANCANGAN PENINGKATAN KINERJA OPERATOR MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS : PT. SANSAN SAUDARATEX JAYA)

RONA, DWI MARDIANA and Arumsari Harjadi, ds (2023) RANCANGAN PENINGKATAN KINERJA OPERATOR MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS : PT. SANSAN SAUDARATEX JAYA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rona Dwi Mardiana 183010026_Teknik Industri.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pt Sansan Saudaratex Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yaitu garmen dan tekstil. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang menerapkan sistem make to order (MTO). Sistem tersebut berarti perusahaan hanya akan melaksanakan produksi apabila menerima konfirmasi pesanan dari konsumen untuk produk tertentu. Dalam proses produksinya, Pt Sansan Saudaratex Jaya masih mengalami defect. Defect yang terjadi diakibatkan oleh kinerja operator yang buruk. Buruknya kinerja operator menyebabkan perusahaan harus mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, pihak perusahaan tidak mengetahui faktor apa yang harus diperbaiki. Dalam upaya memperbaiki kinerja operator yang buruk, metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA). Importance Performance Analysis ini bertujuan untuk mencari faktor mana yang harus diperbaiki. Dalam implementasinya, pengumpulan data untuk metode IPA menggunakan kuesioner penelitian. Kuesioner penelitian berisikan pertanyaan terkait faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja. Langkah pemecahan dalam penelitian ini yaitu dimulai dengan pengumpulan data. Data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Metode IPA ini akan menghitung tingkat kesesuaian yang dirasakan oleh responden terhadap kinerja operator produksi. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis adalah mengetahui faktor yang mengakibatkan buruknya kinerja operator yaitu beban kerja yang tidak dapat dipenuhi oleh operator yaitu kondisi kerja dengan suhu ruangan yang tinggi. Oleh karena itu, usulan perbaikan dalam penelitian ini adalah memperbaiki suhu ruangan area produksi yang tinggi. Setelah diketahui faktor penyebab beban kerja tidak terpenuhi, maka selanjutnya adalah melakukan perbaikan terhadap faktor tersebut. Usulan perbaikan yang diberikan adalah memasang Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan. Berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan kapasistas AC, diperoleh kapasitas yang dibutuhkan adalah 60.000 BTU/h atau 6 PK. Kata Kunci : Kualitas, Kinerja, Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:10
Last Modified: 14 Mar 2023 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62616

Actions (login required)

View Item View Item