Perencanaan Sistem Pengangkutan Sampah Pasar dan Sampah Pantai di Kabupaten Gunungkidul Dengan Metode Vehicle Routing Problem (VRP) Heuristic (Nearest Neighbor Heuristic)

Muhamad Wisnu, Aji Nugroho and Anni Rochaeni, DS and Deni Rusmaya, DS (2023) Perencanaan Sistem Pengangkutan Sampah Pasar dan Sampah Pantai di Kabupaten Gunungkidul Dengan Metode Vehicle Routing Problem (VRP) Heuristic (Nearest Neighbor Heuristic). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Wisnu Aji Nugroho_183050012_Teknik Lingkungan.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Abstrak Pada tahun 2022 UPT Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Gunungkidul tidak memiliki rute tetap untuk digunakan dalam pelaksanaan pengangkutan sampah pasar dan sampah pantai, sehingga berdasarkan hal tersebut terdapat kemungkinan untuk melakukan efisiensi sumber daya yang tersedia. Tujuan dari perencanaan ini adalah mengoptimalisasi proses pengangkutan sampah yang dimulai dari Pool ke TPS Pasar dan TPS Pantai kemudian menuju ke TPA Wukirsari Baleharjo dengan membuat rute pengangkutan sampah yang efisien. Pemecahan permasalahan rute menggunakan algoritma VRP Nearest Neighbor adalah menghasilkan rute terdekat antara Pool-titik pengangkutan sampah-TPA dengan waktu operasional armada pasar dan armada pantai serta kapasitas angkut dump truck sebesar 9,6 m3 setelah ditambah faktor kompaksi 1,6 sebagai batasan. Rute yang dihasilkan dari algoritma Metode Nearest Neighbor lebih hemat dalam penggunaan dump truck dibandingkan dengan kondisi eksisting, dimana menggunakan 3 unit dump truck untuk pengangkutan sampah pasar dan 2 unit dump truck untuk pengangkutan sampah pantai, sedangkan rute hasil perencanaan membutuhkan 2 dump truck pada jadwal pengangkutan sampah pasar hari rabu, kamis, jumat dan 1 dump truck untuk pengangkutan hari minggu dan 1 dump truck pada jadwal pengangkutan sampah pantai hari senin, rabu, kamis dan jumat sehingga dump truck yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk menambah titik pengangkutan sampah yang baru yaitu Pasar Paliyan dan Pantai Wediombo. Perencanaan biaya operasional dalam setahun sebesar Rp. 730,295,000 untuk perencanaan dengan penyesuaian jadwal pengangkutan sampah eksisting dan Rp. 773,849,408 untuk perencanaan pengangkutan setiap hari armada pantai. Berdasarkan hasil perencanaan mengenai penyelesaian VRP menggunakan Metode Nearest Neighbor, dapat disimpulkan bahwa rute yang dihasilkan dengan Metode Nearest Neighbor lebih hemat dalam penggunaan sumber daya dan perencanaan pengangkutan setiap hari untuk sampah pantai lebih banyak memiliki keuntungannya seperti sampah pantai menjadi terangkut setiap hari. Kata Kunci : Kabupaten Gunungkidul, Metode Nearest Neighbor, Pengangkutan Sampah, TPA Wukirsari Baleharjo, Vehicle Routing Problem

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 06 Mar 2023 05:06
Last Modified: 06 Mar 2023 05:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62517

Actions (login required)

View Item View Item