REPRESENTASI PENDIDIKAN SEKSUAL DALAM SERIES TV (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Series TV Little Mom di Channel WeTV)

Wulan Haerunnisa, 182050308 (2023) REPRESENTASI PENDIDIKAN SEKSUAL DALAM SERIES TV (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Series TV Little Mom di Channel WeTV). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul "Representasi Pendidikan Seksual Dalam Series TV (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Series TV Little Mom di Channel WeTV)". Series ini menceritakan kisah remaja SMA bernama Naura yang terpaksa mengurungkan cita-citanya sebagai Dokter Kandungan akibat mengalami kehamilan di luar menikah bersama kekasihnya, Yuda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pendidikan seksual yang terkandung dalam series Little Mom di Channel WeTV yang dapat dilihat dari denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam series tersebut. Sehingga dapat diketahui makna realitas sosial yang dikonstruksi melalui series tersebut. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti akan menganalisis makna denotasi, makna konotasi, dan mitos yang ada dalam series Little Mom ini. Serta menggunakan realitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk mencari konstruksi realitas sosial yang terdapat dalam series. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah makna denotasi dalam series Little Mom ditunjukkan melalui gerakan, kalimat atau dialog, pola pikir tokoh, dan properti. Kemudian, makna konotasi yang muncul berasal dari unsur-unsur denotasi. Selain itu, mitos yang ditemukan dalam series Little Mom ini berupa fenomena rendahnya tingkat pendidikan seksual masyarakat Indonesia akibat mayoritas masih berpikir jika pendidikan seksual itu hal yang tabu untuk dibicarakan. Dari ketiga unsur semiotika tersebut, kita dapat melihat bahwa pembuat series Little Mom ingin mengkonstruksi sebuah realitas sosial yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, yang mana remaja-remaja sering terjebak perilaku seks di luar pernikahan, kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka menghakimi secara langsung orang-orang yang terlibat dalam seks di luar pernikahan, serta rendahnya pemahaman masyarakat Indonesia tentang pentingnya pendidikan seksual bagi anak sejak dini yang diberikan oleh orang tuanya. Kata kunci: Semiotika, Roland Barthes, Series, Little Mom

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:02
Last Modified: 03 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62488

Actions (login required)

View Item View Item