PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP MOTIVASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS ARS BANDUNG

YESSI VEMILA, NPM. 208020178 (2023) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP MOTIVASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS ARS BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL TESIS - YESSI VEMILA - 208020178 - MM.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerja dosen di Universitas ARS Bandung sehingga hasilnya belum sesuai dengan standar yang diharapkan terutama yang berkaitan dengan budaya organisasi, kompetensi dan motivasi dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kompetensi terhadap motivasi serta implikasinya pada kinerja dosen di Universitas ARS Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan pertimbangan untuk meningkatkan kinerja dosen. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner melalui pendekatan teori dan ukuran yang relevan dengan kajian masalah yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 26,8%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 18,9%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kinerja dosen dengan kontribusi sebesar 46%. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi dan kompetensi terhadap motivasi dengan keeratan hubungan sebesar 45,7%. Keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya organisasi dan kompetensi melalui motivasi terhadap kinerja dosen di Universitas ARS Bandung. Kata kunci: Budaya Organisasi; Kompetensi; Motivasi; Kinerja Dosen.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:52
Last Modified: 28 Feb 2023 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62458

Actions (login required)

View Item View Item