PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU (Suatu Survey pada Sekolah Dasar Gugus Satu di kecamatan Cibogo kabupaten Subang)

Jenal Aripin, NPM. 198020069 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU (Suatu Survey pada Sekolah Dasar Gugus Satu di kecamatan Cibogo kabupaten Subang). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jenal Arifin_mm.docx

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang serta untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah terhadap motivasi kerja serta implikasinya terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang didasarkan pada pencapaian kinerja guru, melalui motivasi kerja, kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Berdasarkan paradigma dan hipotesis penelitian yang telah ditetapkan, maka analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang sebesar 26.29%, 2) Terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah tehadap motivasi kerja di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang sebesar 20.71%, 3) Terdapat pengaruh kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah terhadap motivasi kerja di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang sebesar 47%, 4) Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang sebesar 82.50%. Kata Kunci : kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi kepala sekolah, motivasi kerja, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:58
Last Modified: 28 Feb 2023 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62457

Actions (login required)

View Item View Item