PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET KOIN KANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KERTAYASA

Hikmayanti, Irma and Sunata, Sunata (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET KOIN KANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KERTAYASA. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas. pp. 1-9.

[img]
Preview
Text
Artikel PTK Bu Irma.pdf

Download (616kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret koin kancing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 21 orang. Pada kondisi awal prapenelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 42,80% (9 siswa), dengan rata-rata nilai 66,47. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 66,70% (14 siswa), dengan rata-rata nilai 72,48. Pada akhir siklus II persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 90,4% (19 siswa), dengan rata-rata nilai 83,34. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret koin kancing dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi pengurangangan bilangan bulat pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Kertayasa, Kuningan. Kata Kunci: Problem Based Learning, media konkret koin kancing, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:33
Last Modified: 22 Feb 2023 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62423

Actions (login required)

View Item View Item