PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Matin, Yogi Abdul and Sunata, Sunata (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
artikel ptk yogi.pdf

Download (488kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matemtis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diambil dari hasil tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SDN 3 Cimuncang kabupaten Garut yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Pada awal pra-penelitian (prasiklus) persentasi peserta didik memperoleh nilai di atas KKM adalah 46,67% (14 peserta didik). Setelah diberikan tindakan kelas pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 66,67% (20 peserta didik). Pada akhir siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 83.33% (25 peserta didik). Berdasarkan perolehan nilai tersebut maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas III SDN 3 Cimuncang, Kabupaten Garut. Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan pemahaman matetis.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:20
Last Modified: 22 Feb 2023 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62421

Actions (login required)

View Item View Item