ANALISIS DAMPAK KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU DI KELURAHAN BINTARA, BEKASI BARAT, JAWA BARAT

Rosa Tipany, NPM. 208010045 (2023) ANALISIS DAMPAK KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU DI KELURAHAN BINTARA, BEKASI BARAT, JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Fix_Rosa Tipany_makp.doc

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan tidak mampu di Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh melalui data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat Kelurahan Bintara yang pernah membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dengan jumlah sampel sebanyak 191 orang. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat menunjukkan bahwa: Pengaruh secara simultan, berdasarkan pada hasil pengolahan data secara ststistik dan pembahasan hasil pengolahan, maka variabel kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan tidak mampu pada Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat. Dengan demikian, berdasarkan besaran nilai dan pembahasan hasil penelitian melalui pengolahan data yang dilakukan, maka pengaruh secara simultan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan tidak mampu pada Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat, namun masih ada pengaruh lain yang dapat kepuasan masyarakat yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna mencapai kepuasan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan tidak mampu pada Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat lebih baik.Pengaruh secara parsial, kepuasan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan tidak mampu dapat dipengaruhi oleh aspek-aspek Bukti Langsung (Tangibles), 2. Kehandalan (Realibity), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empaty) secar signifikan, selain itu perlu perhatian aparatur kelurahan untuk dikembangkan dan dikaji lebih lanjut bagi peningkatan kinerja di lingkungan Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat. Disimpulkan secara empirik telah ditemukan bahwa kepuasan masyarakat dalam pembuatan SKTM pada Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat, dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan. Kata kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:26
Last Modified: 20 Feb 2023 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62407

Actions (login required)

View Item View Item