PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD KECAMATAN DONOROJO (Penelitian Survey terhadap Peserta Didik Kelas IV SD di Kecamatan Donorojo pada Masa Pandemi Covid 19)

ALI, FADLILATUL MUNIROH, 185060129 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD KECAMATAN DONOROJO (Penelitian Survey terhadap Peserta Didik Kelas IV SD di Kecamatan Donorojo pada Masa Pandemi Covid 19). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KAVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di SD yang berada di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan Survey dengan menyebarkan angket ke Orang Tua murid dan Guru Kelas IV yang berada di SD tersebut. Dengan menggunakan Jenis Penelitian Kuantitatif Deskriptif. Pengambilan subjek penelitian penulis yaitu menggunakan metode Disampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Penyebaran Angket, wawancara serta dokumentasi. Penelitian pada bulan Juli serta wawancara dengan 13 orang infroman yang merupakan 4 orang tua, 6 anak, dan 3 Guru kelas IV. Subjek pada penelitian ini merupakan orang tua dan Guru yang berada di SD yang bertempat di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Hasilnya penulis menemukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yang ada di 17 SD di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara yaitu meliputi penyediaan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar anak, mengawasi penggunaan waktu belajar saat dirumah, mengawasi kesulitan belajar anak, serta menolong kesulitan belajar anak. Motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di 17 SD yang berada di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara saat ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu minat dan perhatian anak terhadap pelajaran, semangat anak untuk melaksanakan tugas-tugas belajar nya, tanggung jawab serta rasa senang anak dalam meneyelesaikan tugas dari guru, reaksi yang ditunjukan anak terhadap stimulus yang diberikan. Dalam meningkatkan motivasi belajar anak di 17 SD yang berada di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara terdapat faktor penghambat peran orang tua yaitu meliputi kondisi x anak, kesibukan orang tua serta keadaan sekitar. Kemudian terdapat pula faktor pendukung nya yaitu pemberian reward atau punishment, dan perhatian orang tua. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar di 17 SD yang Berada di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. agar anak-anak dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Kata Kunci: Peran, Orang Tua, Motivasi Belajar Anak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:40
Last Modified: 20 Feb 2023 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62402

Actions (login required)

View Item View Item