PENGARUH PENATAAN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BIDANG PEMBINAAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG

NENENG MIRA PURWANTI DEWI, NPM.198010013 (2023) PENGARUH PENATAAN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BIDANG PEMBINAAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN NENENG MIRA PURWANTI DEWI.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah yaitu rendahnya Efektivitas Kerja Pegawai Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P3TK) di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Hal ini diduga disebabkan oleh faktor penataan organisasi yang belum terlaksana secara optimal. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu metode yang bersifat menggambarkan suatu keadaan yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilaksanakan, serta bagaimana hubungannya. Data yang ditetapkan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang ada serta masalah yang ada untuk diambil kesimpulannya. Adapun variabel penelitiannya adalah penataan organisasi sebagai variabel bebas dan efektivitas kerja pegawai sebagai variabel terikat. Secara simultan Penataan Organisasi memberikan pengaruh cukup besar dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P3TK) di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Artinya penataan organisasi sangat dominan dan dapat menentukan terhadap peningkatan Efektivitas Kerja Pegawai Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P3TK) di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa Efektivitas Kerja Pegawai Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P3TK) di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh penataan organisasi semata, tetapi ada variabel lain yang juga ikut mempengaruhi terhadap efektivtas kerja pegawai tersebut. Secara parsial penataan organisasi memberikan pengaruh cukup besar dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P3TK) di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Hal tersebut menggambarkan bahwa penataan organisasi di ukur melalui dimensi tujuan dengan jelas, pembagian pekerjaan, pendelegasian wewenang, dan koordinasi terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P3TK) di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung, namun secara operasional belum sepenuhnya berjalan secara efektif, sehingga berpengaruh pada efektivitas kerja pegawai. Adapun pengaruh dimensi terbesar dan terkecil dari penataan organisasi adalah prinsip koordinasi (X4) dan terkecil prinsip pembagian pekerjaan.(X2) Kata Kunci : Penataan Organisasi dan Efektivitas Kerja Pegawai .

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:55
Last Modified: 19 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62092

Actions (login required)

View Item View Item