Fran Wijaya, 171000059 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NARAPIDANA DALAM MENDAPATKAN HAK BELAJAR SEBAGAI PROSES PEMBINAAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI RUTAN KELAS 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
A. COVER.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
G. BAB 1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
H. BAB 2.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
I. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
J. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
K. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Perlindungan hukum Narapidana dalam hak belajar mengajar merupakan fasilitas yang penting untuk mengembangkan diri dan ditujukan bagi Narapidana di Rutan Kelas 1 Bandung yang tidak memiliki latar belakang Pendidikan yang layak bisa mendapatkan Pendidikan. Akibat adanya covid 19, Virus ini berdampak pada masyarakat terlebih virus ini telah mendunia. Pada masa pandemi covid-19 ini Pembinaan di dalam Rutan banyak yang tidak terlaksana dengan sepenuhnya khususnya Pembinaan belajar mengajar, dalam mendapatkan hak belajar mengajar tersebut Narapidana tidak memperoleh hak belajar mengajar dengan sepenuhnya. Identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk pemenuhan hak belajar bagi warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas 1 Bandung pada masa pandemi covid-19, kendala apa saja yang dihadapi dalam menegakkan perlindungan hukum terhadap warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan hak belajar sebagai proses pembinaan di Rutan Kelas 1 Bandung pada masa pandemi covid-19, dan bagaimana upaya yang dilakukan Rutan Kelas 1 Bandung dalam memberikan perlindungan hukum bagi narapidana dalam pemenuhan hak belajar yang diakibatkan dari pandemi covid. Penelitian ini menggunakan Spesifikasi Deskriptif Analitis yaitu dengan menjelaskan teori – teori hukum yang berkaitan dengan perlindungan hukum bagi narapidana, Metode Pendekatan Yuridis Normatif merupakan pendekatan yang mempergunakan metode pendekatan/teori/ konsep bahan hukum primer Peraturan Perundang – undangan, doktrin dan Asas Hukum terkait dengan perlindungan hukum bagi narapidana dalam mendapatkan hak belajar, Teknik pengumpulan Data melalui studi kepustakaan dan wawancara dengan pihak terkait yang berwenang yaitu petugas Rutan Kelas 1 Bandung, dan Analisis Data bersifat Yuridis Kualitatif menyusun secara Sistematis dan menghubungkan satu sama lain terkait dengan penelitian yang diteliti dengan ketentuan Perundang – undangan yang berlaku Hasil penelitian ini yaitu bentuk pemenuhan hak belajar bagi narapidana di Rutan Kelas 1 Bandung dalam mendapatkan perlindungan hukumnya bahwa program pembelajaran yang diselenggarakan dalam pembinaan di Rutan adalah program paket kesetaraan. Kendala yang dihadapi yaitu kendala hukum dan kendala praktik, kendala hukumnya dikarenakan tidak adanya aturan yang mengatur secara khusus mengenai pembinaan program belajar mengajar bagi narapidana. Serta, pada kendala praktiknya yaitu tidak dapat mendatangkan tenaga pendidik dari luar Rutan, dan terbatasnya sarana dan prasarana pembinaan pendidikan pembelajaraan. Rutan Kelas 1 Bandung mengupayakan memberikan perlindungan hukum bagi narapidana dalam pemenuhan hak belajar akibat masa pandemi Covid-19 yaitu dalam pelaksanaan pendidikan pembelajaran narapidana, dan yang menjadi guru ialah narapidana itu sendiri akan tetapi yang pendidikannya lebih tinggi yang diharapkan dapat membantu proses pembinaan pendidikan paket kesetaraan di Rutan Kelas 1 Bandung. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Warga Binaan Permasyarakatan, Hak Belajar Mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023 |
Depositing User: | Mr Hadiana - |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:58 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62084 |
Actions (login required)
View Item |