PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Santoso, Santoso and Sunata, Sunata (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas,. pp. 1-8.

[img]
Preview
Text
Artikel_Santoso & Sunata_PTK_2022_Oke.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan media fishbone diagram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yaitu 10 (sepuluh) siswa kelas V SD Negeri Margalaksana Kabupaten Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes formatif hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membaca pemahaman siswa terdapat peningkatan dengan menggunakan media fishbone diagram di Kelas V SD Negeri Margalaksana Kabupaten Tasikmalaya. Pada tahap pra siklus terdapat 40% siswa tuntas dan 60% tidak tuntas, siklus-I terdapat 60% siswa tuntas dan 40% tidak tuntas, dan siklus-II terdapat 90% siswa tuntas dan 10% tidak tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui media fishbone diagram. Kata Kunci: membaca pemahaman, media fishbone diagram

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:46
Last Modified: 03 Feb 2023 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62067

Actions (login required)

View Item View Item