PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 007 CIPAGANTI KOTA BANDUNG

MUHAMMAD, FAKHRI, 185060063 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 007 CIPAGANTI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 007 Cipaganti Kota Bandung di karenakan proses pembelajaran sebatas guru menjelaskan siswa mendengarkan serta mencatat saja, media yang digunakan hanya sebatas papan tulis tidak adanya media lain yang digunakan pada saat proses pembelajaran sehingga pembelajaran cenderung membosankan serta kurangnya antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan media audio visual berbasis aplikasi kinemaster terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media audio visual berbasis aplikasi kinemaster terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 53 siswa, sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas V A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen dengan media audio visual yang dibuat dari aplikasi kinemaster. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posstest, rata-rata untuk kelas eksperimen dari 52,54 menjadi 86,58 sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol yang dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posstest dengan nilai dari 57,71 menjadi 77,88 dan dari hasil perhitungan uji independent sample T test trerdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan hasil sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media audio visual, Kinemaster, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:06
Last Modified: 03 Feb 2023 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62063

Actions (login required)

View Item View Item