PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Lestari, Sri Rahayu and Sunata, Sunata (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas,.

[img]
Preview
Text
Artikel_Sri Rahayu Lestari & Sunata_Pre Eksperimen_2022.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Suatu tujuan pendidikan nasional dapat diwujudkan dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan yang dilakukan melalui sebuah pembelajaran oleh seorang guru. Kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempengaruhi pemahaman siswa dalam pembelajaran. Dalam kenyataannya, masih banyak siswa yang masih rendah dalam pemahaman kognitifnya. Oleh karena itu, ketika mengajar guru perlu menerapkan model inovatif, salah satunya menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman kognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis Pre-Eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini berlokasi di SDN 2 Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 2 Karangpawitan yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan bantuan program IBM Statistic SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil t ІhitungІ > ttabel (20,480 > 1,721) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman kognitif siswa kelas VI dalam pembelajaran tematik. Kata Kunci: Problem Based Learning, PBL, Pembelajaran Tematik, Pemahaman Kognitif

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 06:09
Last Modified: 03 Feb 2023 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62058

Actions (login required)

View Item View Item