PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI SISWA (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cipeundeuy Bandung Barat)

AN AN SETIANAH, NPM. 188020090 (2023) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI SISWA (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cipeundeuy Bandung Barat). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
AN AN SETIANAH_MM.docx

Download (122kB)

Abstract

Permasalahan yang saya temukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cipeundeuy kabupaten Bandung Barat. Diantaranya yaitu masalah budaya sekolah, kompetensi guru, pendidikan karakter dan hasil prestasi siswa. Budaya sekolah di sekolah kami Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Budaya sekolah belum sepenuhnya kondusif dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Kompetensi guru yang selama ini mengajar di lingkungan sekolah masih belum sesuai dengan harapan pihak sekolah. pendidikan karakter masih belum sepenuhmya dapat dicapai sesuai harapan dan prestasi siswa masih rendah. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cipeundeuy Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey eksplanatory dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan dengan alat ukur yang digunakan yaitu software IBM SPSS Statistics 25 for windows. Tipe penelitiannya berupa Descriptive Research dan Verificative Explanation Research dengan time horizon datanya berupa cross sectional yang mencerminkan gambaran di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cipeundeuy Bandung Barat. Penguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan metode statistika analisis jalur (path analysis), Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini menggambarkan bahwa siswa di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cipeundeuy Bandung Barat memiliki budaya sekolah, kompetensi guru, pendidikan karakter dan Prestasi Siswa yang tinggi. Hasil analisi korelasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel budaya sekolah dengan kompetensi guru. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel budaya sekolah terhadap variabel kompetensi guru, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan karakter terhadap variabel Prestasi Siswa, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel budaya sekolah dan kompetensi guru secara simultan terhadap variabel pendidikan karakter 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan karakter terhadap Prestasi Siswa. Kata kunci:Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, Pendidikan Karakter dan Prestasi Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Jan 2023 07:32
Last Modified: 28 Jan 2023 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62034

Actions (login required)

View Item View Item