STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE SHARING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENGURUS KOPERASI (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Situraja dan Koperasi Syariah Masjid Besar Tegalkalong Kecamatan Sumedang Utara Penerima Program SIMPATI Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang)

Sukmayadi, NPM.199010039 (2023) STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE SHARING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENGURUS KOPERASI (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Situraja dan Koperasi Syariah Masjid Besar Tegalkalong Kecamatan Sumedang Utara Penerima Program SIMPATI Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Sukmayadi_dim 25.docx

Download (279kB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini berdasarkan pada fenomena bahwa Menurunnya kualitas kerja pengurus dan pengelola dikarenakan masih adanya kesalahan dalam mengolah data maupun operasional lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Strategi Penerapan Knowledge sharing Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pengurus Koperasi Koperasi Syariah Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Situraja sebagai lokus utama dan Koperasi Syariah Masjid Besar Tegalkalong Kecamatan Sumedang Utara sebagai lokus pembanding Penerima Program SIMPATI Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan responden pada pengurus, pengelola dan pengawas yang telah Menerima Program SIMPATI Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penerapan knowledge sharing dalam upaya meningkatkan kinerja pengurus koperasi didasarkan analisis SWOT, kemudian dilakukan analisis strategi dengan menggunakan model Grand Strategy, dan diperoleh hasil strategi berada pada kuadran I atau Strenght dan Opportunity. Rekomendasi strategi yang akan dilakukan adalah “progresip” artinya usaha Koperasi Syariah Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Situraja dalam kondisi bagus dan prima, sehingga sangat mungkin untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Strategi ini mengandung berbagai alternatif strategi yang mampu memanfaatkan peluang dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki Koperasi Syariah Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Situraja dengan meminimalisasi gap antara kekuatan dan kelemahan yang ada di Koperasi Syariah Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Situraja. Selanjutnya langkah-langkah konkrit dalam strategi dikembangkan menjadi (dua) 2 strategi yaitu : 1) strategi penguatan leader dan knowledge champion. 2) strategi penguatan kebijakan internal koperasi syariah. Kesimpulan: Implementasi knowledge sharing dapat berjalan maksimal, perlu berupaya untuk memahamkan kepada semua anggota koperasi syariah dan seluruh pengurus dan anggota tentang pentingnya knowledge sharing dalam upaya meningkatkan kinerja pengurus koperasi, baik kualitas maupun kuantitas. Kata kunci : Strategi, Knowledge Sharing, Kinerja Pengurus Koperasi.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Jan 2023 01:25
Last Modified: 14 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62002

Actions (login required)

View Item View Item