PENGARUH PROSES REKRUTMEN, PENEMPATAN DAN KOMPETENSI TEKNIS TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA PENERA (Studi Pada Unit Metrologi Legal di Pulau Jawa)

AGUNG PRAMUDYA F.R., NPM. 189010010 (2023) PENGARUH PROSES REKRUTMEN, PENEMPATAN DAN KOMPETENSI TEKNIS TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA PENERA (Studi Pada Unit Metrologi Legal di Pulau Jawa). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Coper (Final) Rev.1 JURNAL 2022.docx

Download (50kB)
[img] Text
Abstrak Sidang Terbuka Rev-1 tahun 2022.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB I (Final) FIX Rev.01 JURNAL 2022.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB II (Final) FIX Rev.01 JURNAL 2022.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB III (Final) FIX Rev.01 JURNAL 2022.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV (Final) FIX Rev.01 JURNAL 2022.docx

Download (375kB)
[img] Text
BAB V (Final) FIX Rev.01 JURNAL 2022.docx

Download (48kB)

Abstract

Agung Pramudya FR: Judul Disertasi: Pengaruh Proses Rekrutmen, Penempatan Dan Kompetensi Teknis Terhadap Kepuasan Kerja Dan Implikasinya Pada Kinerja Penera (Studi Unit Metrologi Legal Kabupaten/Kota di Pulau Jawa). Dengan Promotor Prof.Dr.H.M. Sidik Priadana, MS dan Co. Promotor Prof.Dr.Hj.Umi Narimawati,SE.,M.Si. Kegiatan Metrologi Legal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah kegiatan pelayanan tera dan tera ulang UTTP. Pelayanan tera dan tera ulang diharapkan dapat memberikan jaminan kebenaran hasil pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum terhadap proses transaksi perdagangan yang menggunakan UTTP sebagai dasar penetapan kuantitas harga barang dan jasa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Proportional Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 201 responden yang berprofesi sebagai Penera pada Unit Metrologi Legal Kabupaten/Kota. Metode analisis yang digunakan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Covariance dengan menggunakan alat Analysis Moment of Structural (AMOS). Pada Model I terdapat kontribusi pengaruh proses rekrutmen, penempatan, kompetensi teknis memberikan informasi total pengaruh sebesar 68,9 % tehadap kepuasan kerja. Sedangkan pada Model II kepuasan kerja terhadap kinerja Penera 88,4 %. Pada hasil tersebut terlihat bahwa proses rekrutmen paling kuat dalam mempengaruhi kinerja Penera yang didukung kemampuan bekerja secara tim maupun individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekrutmen, penempatan, kompetensi teknis, kepuasan kerja dan kinerja Penera pada Unit Metrologi Legal Kabupaten/Kota berada pada kategori cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja dapat dicapai secara optimal apabila didorong oleh ketiga variabel tersebut. Kepuasan kerja terbukti berpengaruh terhadap kinerja Penera.Hal ini mengindikasikan bahwa kepuasan kerja merupakan salah satu variabel penentu tercapainya kinerja Penera yang optimal. Kata Kunci: Proses Rekrutmen, Penempatan, Kompetensi Teknis Kepuasan Kerja dan Kinerja Penera

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:44
Last Modified: 13 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61980

Actions (login required)

View Item View Item