EFEKTIVITAS SISTEM PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI PUSKESMAS UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus Penerapan Metode HOT-Fit di Puskesmas Kotakaler Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat)

Mela Amaliani, NPM. 208020051 (2023) EFEKTIVITAS SISTEM PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI PUSKESMAS UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus Penerapan Metode HOT-Fit di Puskesmas Kotakaler Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 31 Tahun 2019 bahwa semua Puskesmas wajib menyelenggarakan SIP. Puskesmas Kotakaler Kabupaten Sumedang mulai mengimplementasikan SIP pada tahun 2020, namun menemukan berbagai kendala selama proses pelaksanaanya. Sejak SIP Puskesmas diimplementasikan, belum adanya penyelenggaraan SPT Puskesmas secara efektif. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian bagaimana caranya penerapan SPT Puskesmas Puskesmas Kotakaler bisa berjalan secara efektif agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan, dengan menggunakan metoda HOT-Fit. Mengetahui gambaran kondisi eksisting SPT Puskesmas dengan menggunakan metoda HOT-Fit dan selanjutnya memberikan rekomendasi untuk lebih mengefektifkan SIP agar mudah dalam mengambil keputusan di Puskesmas Kotakaler Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Puskesmas Kotakaler Kabupaten Sumedang. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang relevan sesuai dengan kajian masalah dan dilakukan pada Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha, Petugas IT, pengembang, Penanggung Jawab Program dan Unit, serta Kepala Sub Bagian Program Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan SPT Puskesmas di Puskesmas Kotakaler Kabupaten Sumedang belum efektif. Pada indikator human, beberapa pengguna belum memiliki kepatuhan yang baik dalam menjalankan SPT Puskesmas. Indikator technology menunjukkan SPT Puskesmas belum sepenuhnya terintegrassi pada tiap unit dan program. Kurangnya fasilitas pendukung dan belum adanya SOP menjadi masalah yang perlu diselesaikan oleh organisasi Puskesmas Kotakaler. Efektifitas pada penerapan SPT Puskesmas baik indikator human, organization dan technology masih terdapat ketidaksesuaian. Rekomendasi perbaikan dan pengembangan yang diusulkan oleh peneliti saat ini adalah penyusunan SOP tentang SPT Puskesmas , pengadaan penambahan fasilitas pendukung serta pengawasan dari manajemen kepada user secara berkala dalam menjalankan SPT Puskesmas sehingga kedepannya efektifitas SIP dapat mendukung pengambil keputusan. Kata Kunci: SPT Puskesmas, HOT-Fit, dan Kualitas Informasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:15
Last Modified: 03 Jan 2023 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61979

Actions (login required)

View Item View Item