POLA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN DARUL MA’ARIF RAHAYU KABUPATEN BANDUNG “Studi Fenomenologi Strategi Dakwah dalam Perspektif Nilai-nilai Budaya Sunda”

Sutar Johari, NPM. 208080018 (2022) POLA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN DARUL MA’ARIF RAHAYU KABUPATEN BANDUNG “Studi Fenomenologi Strategi Dakwah dalam Perspektif Nilai-nilai Budaya Sunda”. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Sutar Johari_MIK.docx

Download (67kB)

Abstract

Komunikasi organisasi sangat penting dalam menjalankan program-program organinisasi. Dalam kegiatan sehari-hari, selain menyelenggarakan pendididikan formal, Pondok Pesantren Darul Ma’arif juga melaksanakan pendidikan nonformal, berupa kegiatan di pondok pesantren bagi santri dan kegiatan pengajian umum melalui majlis ta’lim. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kegiatan pengajian umum adalah bahasa Sunda. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pola komunikasi kepemimpina Pondok Pesantren Darul Ma’arif Rahayu Bandung; (2) mengetahui pelaksanaan strategi dakwah dalam perspektif nilai-nilai budaya Sunda oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Ma’arif Rahayu Bandung; dan (3) mengetahui tanggapan masyarakat atau jam’ah Pondok Pesantren Darul Ma’arif terhadap pelaksanaan strategi dakwah dalam perspektif nilai-nilai budaya Sunda oleh KH. Sofyan Yaya, MA. Paradigma penelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik alanisis data menggunakan Analisis Model Miles dan Huberman, dengan langakah-langkah: (1) reduksi data; (2) display/penyajian data; dan (3) mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil: (1) Pola komunikasi kepemimpinan Pondok Pesantren Darul Ma’arif mengacu pada pola komunikasi organisasi, komunikasi formal, komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal, komunikasi diagonal, dan komunikasi informal; (2) Pelaksanaan strategi dakwah dalam perspektif nilai-nilai budaya Sunda di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Rahayu, mengandung nilai-nilai filosofis budaya Sunda: (a) ‘kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh’ (harus saling mengasihi, mengasah, dan saling mengasuh di antara sesama); (b) ‘ulah ngaliarkeun taleus ateul’ (jangan menyebarkan hal yang menimbulkan keburukan); (c) ‘someah hade ka semah’ (ramah kepada tamu, memuliakan tamu); dan (d) ‘bengkung ngariung bongkok ngaronyok’ (selalu bersama dalam suka dan duka); dan (3) Strategi dakwah KH. Sofyan Yahya, MA. di Pondok Pesantren Darul Ma’arif ditanggapi sangat positif dan sangat disukai oleh jamaah. Kata kunci: komunikasi organisasi, nilai-nilai budaya Sunda, Pesanten Darul Ma’arif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:50
Last Modified: 27 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61955

Actions (login required)

View Item View Item