PENGEMBANGAN BAHAN AJAR M-LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Lusi Susianti, NPM. 198060027 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR M-LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Lusi Susianti_Mpm.docx

Download (49kB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis desain pengembangan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika berorientasi pada kemampuan penalaran matematis peserta didik; (2) Menganalisis desain pengembangan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika berorientasi pada kemandirian belajar peserta didik; (3) Menganalisis efektifitas bahan ajar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada pembelajaran menggunakan m-learning berbasis etnomatematika; (4) Menganalisis kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika; (5) Menganalisis hubungan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan pengembangan R&D (Research and Develovment) melibatkan 39 peserta didik MTsN 1 Purwakarta dengan model 4D (Four-D). Tahapan model 4D yaitu define (Pendefinisian), Desain (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi bahan ajar, wawancara, angket dan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan penalaran peserta didik termasuk kategori sangat layak; (2) Bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika terhadap kemandirian belajar peserta didik tergolong kategori layak; (3) Efektifitas penggunaan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika termasuk dalam kategori besar; (4) Kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran setelah menggunakan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika dinyatakan baik; (5) Terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar m-learning berbasis etnomatematika untuk materi Aritmetika Sosial dengan kategori korelasi yang rendah. Kata Kunci:Bahan ajar, Etnomatematika, Kemandirian belajar, M-learning, Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Dec 2022 04:54
Last Modified: 24 Dec 2022 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61950

Actions (login required)

View Item View Item