STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BANDUNG DALAM SOSIALISASI MAL PELAYANAN PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus

Rina Mariana, NPM. 208080013 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BANDUNG DALAM SOSIALISASI MAL PELAYANAN PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Jurnal Strategi Komunikasi Rina 208080013.docx.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh strategi komunikasi. Middleton (1980) membuat definisi dengan menyatakan bahwa strategi komunikasi adalah kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media), penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Strategi komunikasi perlu disusun secara luwes, sehingga taktik operasional komunikasi dapat disesuaikan dengan faktor-faktor yang berpengaruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi komunikasi Pemerintah Kota Bandung dalam Sosialisasi Mal Pelayanan Publik melalui Instagram, respons masyarakat, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam Sosialisasi Mal Pelayanan Publik Kota Bandung melalui media sosial Instagram. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan cara studi dokumentasi, observasi serta wawancara mendalam kepada Ketua Tim Kerja Pembentukan Mal Pelayanan Publik, anggota Bidang Publikasi Dokumentasi, Konsultan Media Sosial, Ketua Ikatan Pranata Humas Indonesia, serta follower aktif akun Instagram @dpmptsp.bdg dan @humas_bandung. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam Strategi Komunikasi melibatkan komunikator banyak orang atau kelompok. Pesan disusun dengan organisasi pesan secara deduktif dan topikal, struktur pesan untuk menarik perhatian dan meningkatkan efek, dan imbauan ganjaran. Teknik penyampaian pesan ialah bersifat informatif, persuasif dan mendidik. Media Instagram dimanfaatkan dengan menggunakan fitur Feed Post, Story, Story Highlight, IGTV Video dan Reels. Komunikan merupakan masyarakat Kota Bandung dan luar Kota Bandung pengguna Instagram, dengan di dominasi usia 25-34 tahun. Efek pesan yang disampaikan telah mengubah followers menjadi tahu dan tertarik untuk mengunjungi MPP. Feedback/respon dari follower berupa like dan mereferensikan MPP kepada orang lain. Adapun kendala yang dihadapi Bidang Publikasi dalam sosialisasi MPP adalah tidak tersedianya anggaran penunjang sosialisasi, terbatasnya sarana prasarana dalam pembuatan konten sosialisasi, belum adanya narasi tunggal terkait MPP dan perbedaan hashtag yang digunakan oleh akun @dpmptsp.bdg dan @humas_bandung. Kata Kunci: strategi komunikasi, sosialisasi, Instagram, Mal Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Dec 2022 02:46
Last Modified: 24 Dec 2022 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61949

Actions (login required)

View Item View Item