PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN UMKM DI WILAYAH CIAYUMAJAKUNING

Siska Ernawati Fatimah, NPM. 189010024 (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN UMKM DI WILAYAH CIAYUMAJAKUNING. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Siska Ernawati Fatimah_DIM.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Sektor UMKM sebagai wujud ekonomi kerakyatan, menjadi sektor industri yang relatif mampu bertahan ditengah keterpurukan perekonomian dunia dampak pandemi COVID-19. Namun, sektor UMKM disisi lain juga memiliki permasalahan dalam tingkat pertumbuhan kinerja dan peningkatan skala usahanya. Hal tersebut penulis identifikasi karena kemampuannya dalam memetakan orientasi perumusan kebijakan strategik yang masih rendah. Dalam penelitian ini, penulis mencoba membedah dengan konsep pemasaran kewirausahaan untuk mengkaji sejauhmana kemampuan sektor UMKM bertransformasi dari konsep pemasaran tradisional menuju pada pemasaran kewirausahaan. Metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional-clustered-random-sampling. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder dengan pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis SEM dengan program LISREL 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif kondisi orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing berada dalam kriteria kurang baik menuju baik, sedangkan orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran berada dalam kriteria kurang baik menuju sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing, serta inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pentingnya sektor UMKM untuk mengaplikasi konsep orientasi pembelajaran guna meningkatkan kemampuan kewirausahaannya, terutama pada faktor pengambilan risiko dan inovasi menjadi hal yang dapat disarankan secara praktis dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memetakan konstruk-konstruk penelitian baru yang lebih aplikatif, melibatkan konsep-konsep yang lebih komprehensif pada lokus UMKM dengan karakteristik yang berbeda. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:07
Last Modified: 24 Dec 2022 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61946

Actions (login required)

View Item View Item