PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ...

Kiki Zakiyah, NPM. 208060030 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ... Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Kiki Zakiyah_mpm - Copy.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi persamaan linear dua variabel, untuk mengetahui kemampuan literasi matematis dan self directed learning peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan mix methode. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dengan langkah pengembangan studi pendahuluan, perencanaan, desain produk, validasi desain produk, uji coba produk dan produk akhir. Penelitian ini melibatkan 2 kelas di SMPN 4 Kuningan yaitu VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan layak dengan predikat bagus, kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji t, self directed learning peserta didik yang menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Bahan Ajar Etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematis; Self Directed Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:35
Last Modified: 22 Dec 2022 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61942

Actions (login required)

View Item View Item