PENGARUH NILAI TUKAR, PRODUK DOMESTIK BRUTO, INFLASI, BI RATE, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS SERTA IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2020)

Husaeri Priatna, NPM. 199010048 (2022) PENGARUH NILAI TUKAR, PRODUK DOMESTIK BRUTO, INFLASI, BI RATE, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS SERTA IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2020). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL-Disertasi Husaeri Priatna-199010048.docx

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, Inflasi, BI Rate, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas serta implikasinya terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Kebijakan Dividen pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010 – 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu bank dengan kepemilikan aset terbesar di Indonesia tahun 2020 sebanyak 5 bank yaitu Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI serta Bank BTN yang dipilih dengan metode purposive sampling dengan kriteria laporan keuangan masing-masing bank yang telah diaudit. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data panel. Secara umum penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial 1) Nilai Tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas, 2) Produk Domestik Bruto berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, 3) Inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas, 4) BI Rate berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, 5) Struktur Modal memiliki berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, 6) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas. Secara simultan Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, Inflasi, BI Rate, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Kemudian Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang dimoderasi oleh Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Dividen mampu memoderasi (memperkuat) Profitabilitas dalam menentukan Nilai Perusahaan. Kata Kunci : Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, Inflasi, BI Rate, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:08
Last Modified: 21 Dec 2022 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61932

Actions (login required)

View Item View Item