PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN HEWAN

Nupasari, Uki, 185040078 (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
L.Pengsahan_UKI NUPASARI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I UKI NUPASARI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I UKI NUPASARI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II UKI NUPASARI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB III UKI NUPASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV UKI NUPASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V UKI NUPASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA III SMA Pasundan 2 Bandung pada materi jaringan hewan dikarenenakan proses pembelajaran konvensional kurang menarik dan variatif serta kurang mengoptimalkannya teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan hewan dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran blended learning berbantu aplikasi quizizz dalam pembelajaran. Subjek pada penelitian kali ini yaitu 30 orang peserta didik kelas XI MIPA III SMA Pasundan 2 Bandung, penelitian dilakukan pada tanggal 16 dan 18 Agustus 2022. Desain penelitian kali ini menggunakan metode Pre-Experimental Design tipe One Group Pretest -Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan hewan yaitu berupa soal pretest dan soal posttest sebanyak 20 butir soal pilihan ganda dengan 5 opsi (A, B, C, dan E). Pretest dilakukan sebelum diterapkannya pembelajaran jaringan hewan dengan metode pembelajaran blended learning berbantu aplikasi quizizz, sedangkan posttest dilakukan setelah diberikannya pembelajaran jaringan hewan dengan metode pembelajaran blended learning berbantu aplikasi quizizz, serta pengisian angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil posttest dan pretest. Nilai rata-rata pretest peserta didik yaitu 56,16 lebih kecil dari pada hasil posttest yaitu 90. Adapun untuk perolehan nilai n-gain tertinggi sebesar 1,00 dan nilai n-gain yang mendapat kriteria sedang sebesar 0,67, serta diperkuat dengan hasil kuesioner respon peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran blended learning berbantu aplikasi quizizz mendapat rata-rata respon positif sebesar 86,35% dan rata-rata respon negatif sebesar 12,15%. Disimpulkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik dapat mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan menggunakan penerapan metode pembelajaran blended learning berbantu aplikasi quizizz pada materi jaringan hewan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Blended Learning, Quizizz, Jaringan Hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:27
Last Modified: 20 Dec 2022 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61930

Actions (login required)

View Item View Item