PENGARUH REFORMASI BIROKRASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS KELAS IIA DAN NARKOTIKA KELAS IIA GUNUNG SINDUR BOGOR

Damari, NPM. 199020012 (2022) PENGARUH REFORMASI BIROKRASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS KELAS IIA DAN NARKOTIKA KELAS IIA GUNUNG SINDUR BOGOR. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Damari_DIS.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan pokok tentang rendahnya Kinerja Organisasi di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas II-A dan Narkotika Klas II-A Gunung Sindur Bogor. Penyebab masalah tersebut diduga belum dijalankannya Reformasi Birokrasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas II-A dan Narkotika Klas II- A Gunung Sindur Bogor. Pendekatan dalam penelitian ini mengacu pada konteks teori Reformasi Birokrasi dan Budaya Organisasi serta Kinerja Organisasi sebagai bagian dari lingkup Ilmu Administrasi Publik. Metode penelitian yang digunakan explanatory survey dengan Teknik Analisis Structural Equation Modeling (SEM), sedangkan populasinya Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas II-A dan Narkotika Klas II-A Gunung Sindur Bogor. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel Reformasi Birokrasi (X1) yang terdiri dari: Dimensi Penataan kelembagaan, Dimensi Penataan ketatalaksanaan/manajemen, Dimensi penataan sumber daya manusia/aparatur, Dimensi Akuntabilitas/pertanggungjawaban dan Diemnsi Pelayanan umum , berpengaruh positif sebesar 0,30 dan signifikan sebesar 2,60 terhadap Kinerja Organisasi (Y). Selanjutnya secara parsial variabel Budaya Organisasi (X2) yang terdiri dari: Dimensi Integritas, Dimensi Profesionalisme, Dimensi Keteladanan dan Dimensi Penghargaan pada sumber daya manusia berpengaruh positif sebesar 0,70 dan signifikan sebesar 5,84 terhadap Kinerja Organisasi (Y). Secara simultan Reformasi Birokrasi (X1) dan Budaya Organisasi (X2) mampu menjelaskan Kinerja Organisasi (Y) pada Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas II-A dan Narkotika Klas II-A Gunung Sindur Bogor sebesar 83%, sedangkan epsilonnya sebesar 17%. Hasil penelitian menunjukkan perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang optimalisasi peningkatan pengaruh Reformasi Birokrasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Oganisasi pada Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas II-A dan Narkotika Klas II-A Gunung Sindur Bogor, dilihat dari perspektif Admnistrasi Publik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya variabel lain yang berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi pada Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas II-A dan Narkotika Klas II-A Gunung Sindur Bogor. Kata kunci: reformasi birokrasi, budaya organisasi, kinerja organisasi, structural equation modeling.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:00
Last Modified: 09 Dec 2022 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61879

Actions (login required)

View Item View Item