PERANAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PEMBANGUNAN DESA MENUJU MASYARAKAT MADANI (STUDI KASUS DI DESA CINTAASIH KABUPATEN KARAWANG)

SWARA, YOGI YOGA (2022) PERANAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PEMBANGUNAN DESA MENUJU MASYARAKAT MADANI (STUDI KASUS DI DESA CINTAASIH KABUPATEN KARAWANG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui peranan kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Desa Cintaasih melalui pembangunan desa menuju masyarakat madani. Penelitian ini berfokus kepada konsep masyarakat madani Azyumardi Azra (2002) yang berfokus kepada masyarakat memiliki peran sebagai kelompok-kelompok sosial politik yang dimana didalamnya berkembang wacana otonomi dan kemampuan untuk bersikap kritis tidak hanya kepada negara saja tetapi juga terhadap masyarakat politik dan ekonomi. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam sebuah penelitian, kehadiran peneliti merupakan sebagai alat yang sangat penting, peneliti dalam melakukan penelitian juga dapat bertindak sebagai pengamat yang ikut berpartisipasi, dalam hal ini peneliti di lapangan harus terlibat langsung dan bersentuhan dengan objek penelitian. Oleh karena itu pada saat melakukan pengumpulan data di lapngan, seorang peneliti harus berperan serta pada objek penelitian dan dapat mengikuti secara aktif kegiatan-kegiatan yang ada di lapangan (Moleong, 2018, hlm 9) serta dengan desain penelitian menggunakan studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalan dari peneliti, dengan informan penelitian yang terdiri dari aparatur Desa Cintaasih dan masyarakat Desa Cintaasih dengan jumlah sebanyak 15 orang. Penelitian ini juga menegaskan bahwa Kepala Desa dalam prakteknya memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui program Kepala Desa menuju masyarakat madani. Tetapi dalam studi kasus Desa Cintaasih masih terdapat beberapa kendala dari kepala desa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, tetapi hal itu dapat jawab dengan solusi yang diberikan oleh kepala Desa Cintaasih. Oleh karenanya untuk dapat mewujudkan masyarakat madani diperlukan kemampuan kerjasama yang simultan antara pemerintah Desa Cintaasih dengan masyarakat Desa Cintaasih. Kata Kunci: Peranan, Kepala Desa, Masyarakat Madani

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:52
Last Modified: 08 Dec 2022 07:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61877

Actions (login required)

View Item View Item