Rahmadayanti, Ossa Meryandra Jihan, 185060033 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Pertiwi Kebon Bibit Kec. Bandung Wetan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya hasil belajar siswa yang rendahnya pada kelas V di SD Pertiwi Kebon Bibit. Kec. Bandung Wetan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan model desain yang diguanakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Pertiwi Kota Bandung sebanyak 66 siswa dan Guru yang mengajar di kelas V sebanyak 2 orang. Pengambilan sampel menggunakan Metode Total Sampling dengan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah (1) Observasi, (2) Lembar Wawancara, (3) Tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur bagaimana langkah-langkah guru dalam pembelajaran menggunakan media audio visual dan tes berupa posttest untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran audio visual. Hasil penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik uji t pada taraf signifikansi α = 0,05 menggunakan software SPSS 22. Pengambilan keputusan hipotesis diambil berdasarkan pada kriteria pengujian, yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < α, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan apabila nilai Sig. (2-tailed) ≥ α, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan Untuk data pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,522. Nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Artinya, tidak terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Hal ini disebabkan karena pada saat pretest belum diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran audio visual terhadap mata pelajaran tematik. Untuk data posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig (2-tailed) ≤ 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Kata kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 07:04 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 07:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61876 |
Actions (login required)
View Item |