UPAYA MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SANTRI MELALUI TATA TERTIB PONDOK PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN MORAL PARA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat)

Nurrojab , Rahman, 185010040 (2022) UPAYA MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SANTRI MELALUI TATA TERTIB PONDOK PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN MORAL PARA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1_JUDUL.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
10_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
11_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
12_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kedisiplin merupakan kontrol terhadap kelakuan atau prilaku, baik oleh sesuatu kekuasaan liar, maupun oleh individunya masing-masing. tata tertib adalah sistem poin atau disebut dengan seperangkat aturan yang tertulis dan mengikat pada otoritas (instansi) atau anggota masyarakat. Moral adalah kecenderungan untuk menerima dan mengikuti seperangkat aturan Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tahapan pengurus dalam menumbuhkan kedisiplinan santri melalui tata tertib di pondok pesantren Darul Falah, Bentuk dan sebab-sebab pelanggaran tata tertib santri yang terjadi di pondok pesantren Darul Falah, Upaya pengurus dalam menumbuhkan kedisiplinan dan mengembangkan moral para santri Pondok Pesantren Darul Falah, Penghambat pengurus pondok pesantren dalam menumbuhkan kedisiplinan untuk santri di lingkungan pondok pesantren Darul Falah, Solusi pengurus pondok pesantren dalam menghadapi suatu kendala dalam menumbuhkan kedisiplinan santri terhadap tata tertib Pondok Pesantren Darul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di pondok pesantren Darul Falah, subjek dan objek penelitian ini adalah orang yang dipercayai sebagai narasumber atau informan dan orang yang di manfaatkan untuk memberikan informasi kemudian peneliti dapat bertanya mengenai informasi upaya menumbuhkan kedisiplinan di pondok pesantren Darul Falah. Penggumpulan data dan instumen penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini di peroleh berdasarkan hasil wawancara dengan ketua pondok pesantren 1 orang, pengurus 3 orang, pengajar 5 orang, santri 10 orang, masyarakat 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pondok pesanten Darul Falah memiliki tahapan dalam menumbuhkan kedisiplin santri melalui tata tertib, sebab terjadinya pelanggaran tata tertib yang terjadi di pondok pesantren terjadi karena jenuhnya santri di dalam pesantren, upaya yang dilakukan oleh pengurus yaitu memberikan contoh bagi santri dengan mencerminkan moral baik, memberikan hukuman bagi santri yang melanggar, hambatan pengurus pesantren dalam menumbuhkan kedisiplinan adalah masih banyak santri yang melawan, rendahnya tatakrama, solusi pengurus dalam mengembangkan kedisiplinan adalah memberikan teguran secara lisan, memberika hukuman sesuai dengan kesalahannya. Kata Kunci : Kedisiplinan, Tata Tertib, Moral, Pesantren, Santri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:57
Last Modified: 07 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61875

Actions (login required)

View Item View Item