Perancangan dan Pembuatan Alat Bantu Drilling Guide pada Pembuatan Lubang Rib Rudder sit.3697,05 Pesawat CN-235 di PT Dirgantara Indonesia (Persero)

Kurnia P.W, Kurnia P.W and Sentana, Agus and Tarigan,, Bukti (2022) Perancangan dan Pembuatan Alat Bantu Drilling Guide pada Pembuatan Lubang Rib Rudder sit.3697,05 Pesawat CN-235 di PT Dirgantara Indonesia (Persero). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ramadhana Kurnia Putra_193030114_Teknik Mesin.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Drill Jig merupakan salah satu alat bantu suatu proses produksi yang digunakan sebagai penepat pahat gurdi sehingga dapat diperoleh hasil lubang gurdi yang akurat dan presisi. PT Dirgantara Indonesia dalam melakukan proses produksi salah satunya menggunakan mesin drilling yang berfungsi untuk membuat lubang pada part Rib Rudder. Pada proses drilling ini terdapat elemen kerja yang tidak produktif yaitu pada proses tracing dan marking. Hal ini bisa dihilangkan dengan cara membuat suatu alat bantu. Dengan adanya alat bantu ini, maka terjadi perubahan yaitu berkurangnya elemen kerja pada proses drilling, sehingga mengurangi waktu proses pengerjaan. Pengumpulan dan pengolahan data hasil analisis ini diperoleh dari sistem SAP Produksi PT Dirgantara Indonesia. Dari hasil pengujian alat bantu drill tersebut diperoleh waktu untuk melubangi Rib sit.3967,05 selama 910 s, hasil ini lebih cepat 510 s dari proses pelubangan manual atau lebih efektif sebesar 35,92%. Dengan menggunakan alat bantu tersebut diperoleh nilai jarak antar lubang sebesar 21,87 mm dari nilai nominal 22 mm, sehingga untuk nilai akurasi tersebut adalah 99%, yang sebelumnya tanpa menggunakan alat bantu hanya 97%. Dengan berkurangnya waktu proses pada proses drilling ini, maka produktivitas akan semakin meningkat dan dapat diperhatikan dari segi ergonomi supaya pengguna lebih nyaman dalam penggunaan alat bantu drill jig ini. Kata kunci: drill jig, gurdi, proses produksi, Rib, Rudder, tracing, drilling, deburring

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:33
Last Modified: 05 Dec 2022 05:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61861

Actions (login required)

View Item View Item