STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMK AL-IHSAN BATUJAJAR

MUHAMMAD KHOLILURROHMAN, NPM. 188020032 (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMK AL-IHSAN BATUJAJAR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal M.Kholilurrohman_MM.docx

Download (106kB)

Abstract

Kholilurrohman, Muhammad. 2022. Latar belakang penelitian ini karena menurunnya jumlah peserta didik di SMK Al-Ihsan Batujajar selama 5 tahun terakhir. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1). Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran pendidikan saat ini pada SMK Al-Ihsan Batujajar (2). Bagaimana kinerja strategi pemasaran pendidikan saat ini pada SMK Al-Ihsan Batujajar (3). Apa saja hambatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran pendidikan pada SMK Al-Ihsan Batujajar (4). Bagaimana strategi pemasaran pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa pada SMK Al-Ihsan Batujajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana subjek/informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wakasek bidang kurikulum, wakasek bidang kesiswaan, wakasek bidang sapras, wakasek bidang hubin, bendahara, guru, staf tata usaha, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik analisis menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Berdasarkan nilai yang didapatkan dari analisis EFAS dan IFAS, maka nilai dalam matriks IE berada di sel 5 yaitu di sel Growth Strategy. Strategi Pertumbuhan (Growth Strategy) didesain untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam penjualan, aset, profit, maupun kombinasi dari ketiganya. Hal ini dapat dicapai dengan cara menurunkan harga, mengembangkan produk baru, menambah kualitas produk atau jasa, atau meningkatkan akses ke pasar yang lebih luas (2) Berdasarkan analisis SWOT, SMK Al-Ihsan Batujajar sebaiknya cenderung untuk menggunakan strategi SO (Strenghst-Opportunities), strategi yang menggunakan kekuatan yang dimiliki SMK Al-Ihsan Batujajar dan memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkat jumlah siswa, dengan meminimalkan masalah-masalah internal yang berkaitan dengan kelemahan dan ancaman yang ada (3) Strategi pemasaran pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa pada SMK Al-Ihsan Batujajar dirumuskan dengan strategi pasar (segmenting, targeting dan positioning) dan strategi bauran pemasaran jasa pendidikan (Marketing Mix) 7P (product, price, people, process, physical evident, promotion, place) Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Meningkatkan Jumlah Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:54
Last Modified: 03 Dec 2022 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61851

Actions (login required)

View Item View Item