PENGARUH KOMPETENSI INTI, STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN STRATEGI KERELASIAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN (SURVEI PADA BANK BUKU 2 DI PROVINSI JAWA BARAT DAN DKI JAKARTA)

TATANG SUPRIYADI, NPM: 199010015 (2022) PENGARUH KOMPETENSI INTI, STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN STRATEGI KERELASIAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN (SURVEI PADA BANK BUKU 2 DI PROVINSI JAWA BARAT DAN DKI JAKARTA). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Tatang Supriadi.doc

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode descriptive-verifikatif dengan pendekatan kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antar variabel. Data yang digunakan adalah data primer pada Bank BUKU 2 di Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta yang dikumpulkan melalui kuesioner sebanyak 381 responden. Analisis deskriptif dilakukan dengan melakukan tabulasi data untuk penetapan kategori nilai rata-rata. Untuk analisis verifikatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan pengolahan data menggunakan LISREL. Kelayakan model diuji melalui kriteria kesesuaian dengan logika teori, keakuratan estimasi parameter, dan kemampuan penjelasan. Uji deskriptif menunjukan bahwa Kompetensi Inti memiliki nilai rata-rata 3,06 termasuk pada kategori Cukup Kompeten, Strategi Bauran Pemasaran dengan nilai rata-rata 2,58, termasuk pada kategori Kurang Baik, Strategi Kerelasian Pemasaran dengan nilai rata-rata 3.03 termasuk pada kategori Cukup Baik, Keunggulan Bersaing memiliki nilai rata-rata 3,07, kategori Cukup Unggul, dan Kinerja Pemasaran memiliki nilai rata-rata 3,11, dengan kategori Cukup Tinggi. Uji verifikatif menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari Kompetensi Inti, Strategi Bauran Pemasaran, Strategi Kerelasian Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing, besarnya kontribusi ketiga variabel tersebut adalah 77,65%, Kompetensi Inti memiliki pengaruh terbesar terhadap Keunggulan Bersaing dimana nilai total pengaruh sebesar 28,12%, Strategi Bauran Pemasaran memberikan pengaruh terkecil diantara variabel lainnya yaitu sebesar 22,87% terhadap Keunggulan Bersaing dan Strategi Kerelasian Pemasaran memberikan pengaruh terbesar kedua yakni sebesar 26,66% terhadap Keunggulan Bersaing. Dengan demikian secara simultan variabel Kompetensi Inti, Strategi Bauran Pemasaran dan Strategi Kerelasian Pemasaran memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembentukan Keunggulan Bersaing pada bank BUKU 2 di Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Demikian juga dengan Keunggulan Bersaing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran.Variabel kinerja pemasaran dipengaruhi secara positif oleh keunggulan bersaing dengan koefisien jalur sebesar 0,913, diperoleh nilai R2 sebesar 0,8336. Artinya kinerja pemasaran dipengaruhi oleh variabel keunggulan bersaing sebesar 83,36 % Kata Kunci: Kompetensi Inti, Strategi Bauran Pemasaran, Strategi Kerelasian Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:58
Last Modified: 07 Dec 2022 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61762

Actions (login required)

View Item View Item