ANALISA VARIASI TEMPERATUR DAN WAKTU TUNGGU PROSES ARTIFICAL AGING PADA PADUAN AL-SI-CU TERHADAP KEKERASAN DAN MIKROSTRUKTUR

Kurniawan Adros, Jecky and lazuardi, dedi and Syahbardia, ds (2022) ANALISA VARIASI TEMPERATUR DAN WAKTU TUNGGU PROSES ARTIFICAL AGING PADA PADUAN AL-SI-CU TERHADAP KEKERASAN DAN MIKROSTRUKTUR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
JECKY KURNIAWAN_143030040_TEKNIK MESIN.pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang sedang dilaksanakan adalah penelitian mengenai roda tank baja yang dibuat dari paduan alumunium Al-Si. Selain untuk mendukung kemandirian industri di bidang pertahanan dan keamanan, hal ini juga mendukung substitusi impor alumunium di Indonesia. Sifat optimum aluminium dicapai dengan penambahan paduan dan perlakuan panas. Ini mendorong pembentukan endapan keras kecil yang mengganggu gerakan dislokasi dan meningkatkan sifat mekaniknya. Salah satu paduan aluminium yang paling umum digunakan adalah paduan Al 7075 karena sifat komprehensif yang menarik seperti kepadatan rendah, kekuatan tinggi, keuletan, ketangguhan dan ketahanan terhadap kelelahan. Salah satu proses penguatan material pada paduan aluminium dilakukan melalui perlakuan panas atau heat treatment. heat treatment adalah salah satu proses untuk mengubah struktur logam dengan cara memanaskan specimen pada tungku pada temperatur rekristalisasi selama periode waktu tertentu kemudian didinginkan pada media pendingin air. Kata kunci: Alumunium, Heat treatment, Temperaturter cooling media.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:25
Last Modified: 28 Nov 2022 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61754

Actions (login required)

View Item View Item