ANALISA STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) (STUDI KASUS : PT. ZAMRUD BUMI INDONESIA)

RIEZA SEPTAVIANDI, NAUFAL and Amin, H.A Syakur (2022) ANALISA STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) (STUDI KASUS : PT. ZAMRUD BUMI INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Naufal Rieza Septaviandi 183010066 (REPOSITORY).pdf

Download (740kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Zamrud Bumi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pupuk organik cair. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bisnis apa yang tepat yang dapat diimplementasikan dalam meningkatkan penjualan pada PT. Zamrud Bumi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan direktur dan asisten direktur, observasi untuk mendapatkan data-data dan informasi yang akurat, dan kuisioner. Data sekunder yang digunakan pada penelitian ini yaitu data internal perusahaan, data statistik nasional dan data terkait. Berdasarkan hasil matrik IFE memperoleh total skor tertimbang sebesar 3,37 dan matrik EFE memperoleh total skor tertimbang sebesar 3,42. Matriks SWOT memperoleh beberapa alternatif strategi dengan mengkombinasikan antara faktor internal kekuatan dan kelemahan dengan faktor eksternal peluang dan ancaman. Pada diagram analisis swot perusahaan berada pada kuadran 1 yaitu situasi yang dapat menguntungkan perusahaan karena memiliki banyak peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. serta mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Berdasarkan hasil QSPM memperoleh alternatif strategi prioritas yaitu meningkatkan kegiatan pemasaran dengan meningkatkan digital marketing untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dengan lebih efisien dan efektif dengan nilai TAS sebesar 7,68. Kata Kunci : Matrik IFE dan EFE, SWOT, Diagram Analisis SWOT dan QSPM.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:43
Last Modified: 25 Nov 2022 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61728

Actions (login required)

View Item View Item