PERLINDUNGAN HUKUM BAGI INVESTOR ATAS PERJANJIAN INVESTASI CONDOTEL YANG DIBUAT DIBAWAH TANGAN ANTARA INVESTOR DAN DEVELOPER DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUH PERDATA

Nadya Calista Nurpajrina, 151000342 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI INVESTOR ATAS PERJANJIAN INVESTASI CONDOTEL YANG DIBUAT DIBAWAH TANGAN ANTARA INVESTOR DAN DEVELOPER DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUH PERDATA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Kompre.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

Kondominium hotel yang ada di Indonesia, yaitu Pullman Bali Legian Nirwana. Pullman Bali Legian Nirwana adalah sebuah hotel kondominium yang terletak di Bali yang baru saja dibuka susun yang menganut konsep diawal tahun 2011. Adapun yang menjadi persoalan dalam melakukan investasi di bidang property, khususnya kondotel adalah masalah kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi para investor yang menanamkan sahamnya melalui pembelian unitunit kondotel. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menemukan tiga permasalahan, yaitu, Bagaimana kedudukan hukum perjanjian investasi kondotel yang dibuat dibawah tangan antara investor dan developer, Bagaimana akibat hukum perjanjian investasi kondotel yang dibuat dibawah tangan antara investor dan developer berdasarkan Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan Bagaimana upaya penyelesaian sengketa dalam hal perjanjian investasi kondotel yang dibuat dibawah tangan antara investor dan developer . Spesifikasi Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis, yaitu menggambarkan secara menyeluruh dan sistematis, tentang Perlindungan hukum atas perjanjian investasi condotel yang dibuat dibawah tangan dihubungkan dengan Buku III KUH Perdata. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-normatif, yaitu pendekatan atau penelitian hukum dengan menggunakan metode pendekatan dan metode analisis yang termasuk dalam disiplin Ilmu Hukum yang dogmatis. Tahap penelitian data, meliputi penelitian kepustakaan yaitu penelitian terhadap data sekunder berupa peraturan-perundang-undangan, bahan hukum sekunder berupa buku-buku yang relevan serta hasil penelitian, dan bahan hukum tersier berupa penjelasan terhadap bahan hukum primer dan sekunder, penelitian lapangan yaitu penelitian langsung untuk mendapat data primer. Teknik pengumpulan data, meliputi studi dokumen yaitu suatu alat pengumpul data yang digunakan melalui data tertulis dan wawancara yaitu cara untuk memperoleh informasi dengan bertanya langsung pada yang diwawancarai. Alat pengumpul data dalam penelitian kepustakaan berupa catatan hasil inventerisasi bahan hukum dan alat pengumpul data dalam penelitian lapangan. Analisis data menggunakan metode yuridis-kualitatif, yaitu analisis dengan tanpa menggunakan rumus statistik Hasil penelitian menunjukan bahwa kedudukan hukum perjanjian investasi kondotel yang dibuat dibawah tangan, sepanjang perjanjian di bawah tangan tidak disangkal atau dipungkiri oleh para pihak maka perjanjian di bawah tangan memiliki kekuatan hukum yang sama dengan akta otentik.Akibat hukum wanprestasi diatur sesuai dengan yang telah tertera dalam kontrak komersial yang dibuat oleh dua belah pihak, bila tidak diatur akibat hukum wanprestasi dalam perjanjian tersebut maka dapat dilakukan peninjauan.Bentuk upaya penyelesaian sengketa dapat ditempuh cara penyelesaian melalui jalur peradilan maupun di luar peradilan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Investasi Condotel, dan Perjanjian Di Bawah Tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:43
Last Modified: 24 Nov 2022 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61723

Actions (login required)

View Item View Item