USULAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK (RELAYOUT) RUANG FABRIKASI PRODUK KNALPOT DAN BLOK KOPLING MENGGUNAKAN METODE CRAFT (Computerized Relative Allocation of Facilities Technique) (STUDI KASUS : RUANG FABRIKASI PT. SANDY GLOBALINDO)

ANISSA SHIDIQ, BRITTANY and Syarwani,, Moh. (2022) USULAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK (RELAYOUT) RUANG FABRIKASI PRODUK KNALPOT DAN BLOK KOPLING MENGGUNAKAN METODE CRAFT (Computerized Relative Allocation of Facilities Technique) (STUDI KASUS : RUANG FABRIKASI PT. SANDY GLOBALINDO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Brittany Anissa Shidiq_183010050_Teknik Industri.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pengaturan tata letak fasilitas merupakan hal yang penting dalam kegiatan produksi terutama pada mesin-mesin ataupun alat yang digunakan pada ruang fabrikasi suatu perusahaan untuk menunjang kegiatan produksi, dimana hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan, terutama pada minimnya Ongkos Material Handling (OMH) yang dikeluarkan. Karena PT. Sandy Globalindo ini menggunakan sistem Layout By Product dimana posisi mesin bisa berjauhan antar tiap proses nya (posisi mesin tidak berurutan) sehingga Layout pada PT. Sandy Globalindo pada proses knalpot dan blok kopling terdapat di dua lantai yang berbeda namun mesin-mesin yang digunakan pada proses kedua produk tersebut lebih banyak yang terletak di lantai satu, dari Layout yang digunakan pada saat ini tentunya akan menimbulkan OMH yang sangat besar baik untuk produksi knalpot dan blok kopling. Maka untuk mengurangi OMH yang dikeluarkan oleh perusahaan perlu dilakukannya perancangan Ulang Tata Letak di ruang fabrikasi PT. sandy Globalindo dengan menggunakan metode CRAFT (Computerized Relative Allocation of Facilities Technique) yang memang memiliki fungsi untuk meminimisasi biaya OMH, dalam pencarian rancangan usulan ini juga menggunakan bantuan Software WinQSB untuk mendapatkan rancangan baru dengan OMH yang lebih kecil dari Layout Awal. Kata Kunci : Layout, Layout By Product, Ongkos Material Handling (OMH), Software WinQSB, Metode CRAFT.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:58
Last Modified: 24 Nov 2022 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61720

Actions (login required)

View Item View Item