PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DENGAN TEMPE DAN KONSENTRASI SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (Na5P3O10) TERHADAP KARAKTERISTIK PATTY NABATI

A’in, Salsabila Qitrotul (2022) PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DENGAN TEMPE DAN KONSENTRASI SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (Na5P3O10) TERHADAP KARAKTERISTIK PATTY NABATI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Salsabila Qitrotul Ain_163020213_Teknologi Pangan_221122_214404 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan jamur tiram putih dengan tempe dan konsentrasi sodium tripolyphosphate (STPP) terhadap karakteristik patty nabati. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu analisis kadar protein pada jamur tiram putih segar. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor perbandingan jamur dengan tempe (P) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 2:1, 1,5:1,5, dan 1:2 dan konsentrasi sodium tripolyphosphate (S) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 0,08%, 0,14%, dan 0,20 % sehingga diperoleh 27 satuan percobaan ulangan. Respon dalam penelitian ini meliputi respon kimia yaitu kadar protein, kadar abu, dan serat . Serta respon organoleptik yang meliputi atribut warna, rasa, aroma, dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan jamur tiram putih dengan tempe berpengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar serat, kadar abu, rasa dan aroma. Konsentrasi sodium tripolyphosphate (Na5P3O10) berpengaruh nyata terhadap tekstur. Interaksi antara Perbandingan jamur tiram putih dan tempe(P) Konsentrasi STPP (S) tidak berpengaruh terhadap aroma, rasa, tekstur, kadar protein, kadar serat kasar, dan kadar abu pada patty nabati yang dihasilkan. Kata kunci:Patty, Jamur, Tempe, Sodium Tripolyphosphate (STPP).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:41
Last Modified: 23 Nov 2022 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61706

Actions (login required)

View Item View Item