PENGARUH RISIKO KREDIT, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA ( Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan)

Dewi Efifa Nureni, 154020148 and Dadan Soekardan, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH RISIKO KREDIT, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA ( Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DewiEfifa_BAB I_BERES.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DewiEfifa_BAB II_BERES.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DewiEfifa_BAB III_BERES.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasalitas yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko kredit profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba. Variable risiko kredit diukur dengan menggunakan Non Performing Financing (NPF). Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Assets (ROA). Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan total asset peusahaan. Leverage diukur dengan menggunakan Debt On Assets Ratio (DAR). Sedangkan variable manajemen laba diukur dengan menggunakan akrual diskresioner. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan bank syariah yang diperoleh dari website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Populasi dalam penelitian ini adalah bank syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode 2014-2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Library Research dengan metode documenter. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi statistic Statistical Package For Social Sciences (SPSS) versi 22 sebagai alat uji. Metode analisis yang digunakan antara lain uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji normalitas), dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji ANOVA, variable risiko kredit, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variable manajemen laba. Dan secara parsial hasil penelitian menunjukan bahwa risiko kredit, profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran perusahaan terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci : Risiko Kredit, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:41
Last Modified: 23 Nov 2022 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61705

Actions (login required)

View Item View Item