PENGARUH PERBANDINGAN EDAMAME (Glycin max L.) DENGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN KONSENTRASI SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (Na5O10P3) TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS NABATI

Sumpena, Tanto Restu Maulana (2022) PENGARUH PERBANDINGAN EDAMAME (Glycin max L.) DENGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN KONSENTRASI SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (Na5O10P3) TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS NABATI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tanto Restu_163020200_Teknologi Pangan.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan interaksi antara perbandingan edamame dengan jamur tiram putih dan konsentrasi Sodium Tripolyphosphate terhadap karakteristik sosis nabati. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan diperoleh karakteristik sosis nabati yang disukai oleh konsumen dengan kandungan protein yang sama atau lebih dari sosis hewani, mampu meningkatkan minat dalam memanfaatkan edamame dan jamur tiram putih dalam pembuatan sosis nabati sebagai penganekaragaman pangan yang memiliki nilai gizi tinggi. Serta dapat memberdayakan petani lokal yang membudidayakan edamame dan jamur tiram putih sehingga dapat meningkatkan nilai jual dari edamame dan jamur tiram putih. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor yaitu perbandingan edamame dengan jamur tiram putih s1 (1 : 1), s2 (2 : 1), s3 (5 : 1) dan faktor konsentrasi Sodium Tripolyphosphate t1 (0,07 %), t2 (0,14 %), t3 (0,21 %). Variabel respon dalam penelitian ini adalah respon kimia meliputi Penentuan kadar air; protein; serat. Respon fisik meliputi Intensitas warna; tekstur. Respon organoleptik uji hedonik meliputi rasa; aroma. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Perbandingan edamame dengan jamur tiram putih berpengaruh terhadap kadar air, protein, serat kasar, intensitas warna, tekstur, rasa, dan aroma. Konsentrasi Sodium Tripolyphosphate berpengaruh terhadap kadar air, intensitas warna, tekstur, dan rasa. Interaksi keduanya berpengaruh terhadap kadar air, intensitas warna, tekstur, atribut rasa, dan aroma. Kata kunci: Sosis Nabati, Edamame, Jamur Tiram Putih.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:38
Last Modified: 23 Nov 2022 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61704

Actions (login required)

View Item View Item