ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP INFRASTRUKTUR PEDESAAN BERBASIS DANA DESA (Studi Kasus Desa Keluwain, Kecamatan Kelubagolit, Kabupaten Flores Timur)

Anjelina Tuto Burak, Maria and Syarifudin,, Deden and Budi Raharja, Apriadi (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP INFRASTRUKTUR PEDESAAN BERBASIS DANA DESA (Studi Kasus Desa Keluwain, Kecamatan Kelubagolit, Kabupaten Flores Timur). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Maria Anjelina Tuto Burak_173060031_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pembangunan infrastruktur pedesaan menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jaringan jalan, prasarana air bersih, prasarana pembuangan limbah (cair: septictank, padat: sampah), sarana pendidikan, dan sarana kesehatan menjadi infrastrukur yang penting bagi masyatakat dalam meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup. Tujuan dari pembangunan infrastuktur ialah guna untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat baik manfaat dibidang sosial, lingkungan maupun ekonomi. Penelitian ini ditujukan untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat desa terhadap infrastruktur pedesaan yang dibangun menggunakan anggaran dana desa pada tahun anggaran 2019-2020 yaitu infrastruktur jaringan jalan, prasarana air bersih, prasarana pembuangan limbah, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis statistik regresi linear sederhana, untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat menggunakan form kuisioner yang menggunakan skala likert. Pengolahan data hasil kuisioner yang berupa data ordinal dikonversikan kedalam data interval menggunakan method succsec interval (MSI). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap infrastruktur pedesaan yang dilihat berdasarkan pengaruh dana desa terhadap pembangunan infrastruktur dan pelayanan infrastruktur tersebut didapatkan jaringan jalan memiliki nilai sebesar 53%, prasarana air bersih sebesar 50,1%, prasarana pembuangan limbah sebesar 41%, sarana pendidikan sebesar 3,2%, dan sarana kesehatan sebesar 74,6%. Dana desa memberikan pengaruh yang signifikan pada infrastruktur pedesaan dimana hal ini dapat didukung dengan pelayanan infrastruktur yang baik sehingga masyarakat merasa terpuaskan dan terbantu dengan adanya infrastruktur pedesaan. Kata kunci: infrastruktur pedesaan; dana desa; kepuasan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:26
Last Modified: 23 Nov 2022 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61696

Actions (login required)

View Item View Item