Rais, Muhammad Irsyad Nur (2022) PENENTUAN SEGMENTASI KONSUMEN PADA MARKETING DATA IFOOD MENGGUNAKAN METODE K – MEANS CLUSTERING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
Muhammad Irsyad Nur Rais_203010158_Teknik Industri.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perusahaan IFood merupakan perusahaan besar di Brazil yang bergerak dibidang teknologi yang menjual kebutuhan rumah tangga. IFood sendiri mempunyai beberapa gerai toko dan jasa pemesanaan dan pengantaran secara online yang beroperasi di Brazil sebagai pusatnya Kendala yang terdapat pada perusahaan IFood terjadi pada tahun 2020 yaitu berupa campaign yang belum berhasil dan belum tercapai 100% jadi tingkat keberhasilan campaign hanya mencapai 15%. Jika melihat dari sisi manajemen pemasaran dikatakan perusahaan IFood belum memenuhi atau menentukan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Strategi pemasaran pertama segmenting atau penentuan segmentasi yaitu mengelompokkan target pasar berdasarkan karakteristik yang sama untuk dikelola secara efektif dan tepat agar mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan, dalam hal ini mencapai campaign yang sukses. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat disimpulkan penentuan segmentasi konsumen perlu dilakukan pada perusahaan IFood. Hasil penentuan segmentasi tersebut menggunakan metode K-Means Clustering, untuk variabel jumlah pembelian produk per kategori terdapat 2 kluser, lalu untuk variabel metode pembelian terdapat 2 kluster dan yang terakhir tingkatan pendidikan konsumen terdapat 5 tingkata. Dengan penerapan metode K-Means Clustering diharapkan juga bisa memudahkan perusahaan untuk menentukan rencana promosi atau marketing pada campaign fase selanjutnya yang bisa mencapai 100%. Kata kunci : Segmentasi, Konsumen, K-Means Clustering, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan Kosasih |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 05:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61693 |
Actions (login required)
View Item |