PERANCANGAN PROMOSI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: UMKM K4BIZA WOOD ART DESA PANYOCOKAN KABUPATEN BANDUNG BARAT)

SAYYIDAH, SALSABILA and Firmansyah,, Iman and Fathoni Ishak, Riza (2022) PERANCANGAN PROMOSI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: UMKM K4BIZA WOOD ART DESA PANYOCOKAN KABUPATEN BANDUNG BARAT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Salsabila Sayyidah_183010144_Teknik Industri.pdf

Download (464kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK UMKM K4BIZA Wood Art merupakan sebuah usaha yang bergerak pada bidang industri furnitur kayu seperti lukisan kayu, lemari, kursi, meja dan lukisan kayu. UMKM ini berlokasi di Desa Panyocokan, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Barat. Permasalahan yang dihadapi UMKM K4BIZA Wood Art adalah masih terjadinya penaikan dan penurunan pendapatan dikarenakan masih kurangnya pemberdayaan dan pemasaran yang konsisten sehingga penjualan tidak meningkat dan menyebabkan pendapatan yang didapatkan tidak stabil. Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui strategi dengan menggunakan analisis SWOT dan metode Quantitative Strategic Planning Matrix untuk dapat meningkatkan penjualan pada UMKM K4BIZA Wood Art. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT dengan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal. Hasil dari analisis matriks IFE yang diperoleh dengan total sebesar 3,03, sedangkan analisis matriks EFE yang diperoleh dengan total skor sebesar 2,80. Hasil matriks IE UMKM K4BIZA Wood Art berada pada kuadran IV dengan matriks IFE 3,03 dan matriks EFE 2,80 yang berarti dapat diatasi dengan startegi tumbuh dan membangun yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Analisis matriks SWOT menghasilkan 8 strategi pilihan yang dapat dipilij oleh UMKM K4BIZA Wood Art dan berdasarkan dengan QSPM strategi terpilih yang paling terbaik adalah memasarkan dan memperkenalkan produk kepada pelanggan yang belum mengenal produk UMKM K4BIZA Wood Art secara online dengan total skor TAS sebesar 5,817. Kata Kunci : UMKM, Analisis SWOT, Metode QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:45
Last Modified: 23 Nov 2022 05:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61692

Actions (login required)

View Item View Item