PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V (Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Quasi Experimental Desigh pada siswa Kelas V SDN Cibabat Mandiri I Cimahi)

RAHMAN, IPAL TAUPIK, 185060034 (2022) PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V (Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Quasi Experimental Desigh pada siswa Kelas V SDN Cibabat Mandiri I Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Fix Skripsi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto dan Absrak.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis dengan menggunakan model Flipped Classroom. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang dalam Literasi dan Nalar Kritis di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru kurang mengenal beberapa metode dan belum menggunakan Model Flipped Classroom Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Quasi Experimet Desigh dengan menggunakan sistem yang terdiri dari, observasi, wawancara, pretest, postest dan dekumentasi dibantu SPSS 29.0 untuk menghitung data yang didapat. Dengan populasi sebanyak 74 siswa. Teknik yang digunakan adalah dengan pengumpulan data Metode tes ini dilakukan sebelum adanya perlakuan/treatment dan setelah diberikan perlakuan/treatment. Untuk mengetahui hasil tes dari penelitian digunakan teknik tanya jawab langsung.tanya jawab adalah metode yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dengan siswa. Tanya jawab ini dilakukan oleh guru juga peneliti guna mengetahui data peningkatan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis berdasarkan instrumen penelitian. Setelah itu diambil sample untuk kelas Eksperiment yaitu kelas VA dengan 37 siswa dan kelas VB sebagai kelas control dengan jumlah siswa 37 jadi total keseluruhan 74 siswa. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis, setelah perlakuan terdapat varian data yang layak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Flipped Classroom untuk meningkatkan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis siswa kelas V SDN Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi. Berdasarkan hasi uji Independent sample T Test di dapat nilai Sig. (2-tailed) atau (Significance Two Side-p) sebesar, 0,001 > 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 81,16 dan kelas kontrol sebesar 72,64. Kata Kunci: Flipped Classroom, Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:12
Last Modified: 22 Nov 2022 01:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61648

Actions (login required)

View Item View Item