PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PEKERJA MESIN CNC DIVISI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA – TASK LOAD INDEX (NASA – TLX) PADA PT. SANDY GLOBALINDO

RAMILEN, PRAGA (2022) PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PEKERJA MESIN CNC DIVISI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA – TASK LOAD INDEX (NASA – TLX) PADA PT. SANDY GLOBALINDO. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
PRAGA RAMILEN_183010027_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Di dunia perindustrian sekarang ini berada pada era Revolusi Industri 4.0, dimana hal ini yang membuat perusahaan jasa maupun manufaktur menjadi perindustrian yang semakin maju dengan pesat dan terjadinya persaingan yang sangat ketat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan inovasi – inovasi baru dalam menghasilkan produk atau jasa, usaha dalam menghasilkan inovasi baru dalam persaingan adalah strategi perusahaan agar memenangkan kompetitif tersebut. PT. Sandy Globalindo berdiri sejak pada tahun 2000 hingga pada saat ini, perusahaan ini terus berkembang pesat dalam memproduksi aksesoris motor (Spareparts), yang per harinya dapat mencapai 4.000 items. Produk PT. Sandy Globalindo ini sudah dipercaya oleh konsumen akan kualitasnya, dan produk – produk andalan perusahaan ini seperti knalpot, blok kopling, footstep underbone. Pada PT. Sandy Globalindo ini khusus nya pada divisi produksi menggunakan mesin CNC (Computer Numerical Control) yang dimana mesin ini menggunakan sistem kontrol komputerisasi dan peralatan mesin, pada umumnya cara mengoperasikan mesin ini yaitu dengan memasukkan perintah numeric melalui tombol-tombol yang ada pada panel instrument di tiap-tiap mesin, oleh karena itu aktivitas seperti berpikir, menghitung, mengingat lebih dominan sehingga beban kerja mental lebih dominan dibandingkan beban kerja fisik. Perusahaan ini memberikan waktu jam kerja per hari dimulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB kepada para pekerjanya, dengan total waktu kerja menjadi 50 jam per satu minggu, dan jumlah hari kerja dalam satu minggu adalah lima hari, dimulai dari Senin – Jumat dan tambahan hari lembur jika ada pada hari Sabtu selama 5 jam dimulai dari jam 08.00 sampai dengan 13.00 WIB. membuktikan bahwa waktu jam kerja pada perusahaan ini yang membuat para pekerja merasa kelelahan yang berlebih dikarenakan beban kerja yang diberikan tidak sesuai dengan peraturan pemerintah, dan pada perusahaan ini khususnya pada divisi produksi hanya berjumlah 4 orang pekerja. Beban kerja yang berlebihan membuat terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan, seperti mengganggu kinerja pekerja karena kelelahan fisik ataupun mental, gangguan emosional pekerja, dan kesehatan pekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode NASA-TLX. Berdasarkan hasil yang didapatkan penelitian ini sebagian besar didapatkan bahwa skor akhir yaitu 80 operator 1, 82 operator 2, 77 operator 3 dan 82 operator 4. Dengan adanya skor akhir tersebut bisa terlihat bahwa skor tersebut berada pada kondisi golongan beban kerja tinggi dan sangat tinggi. Kata Kunci: : PT. Sandy Globalindo, CNC (Computer Numerical Control), Beban Kerja, NASA-TLX.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:49
Last Modified: 21 Nov 2022 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61622

Actions (login required)

View Item View Item