ANALISIS DISTRIBUSI JAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS IDEF0 DAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Kasus : CV. Gotani Muda Karya)

PRICILIA, GITA (2022) ANALISIS DISTRIBUSI JAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS IDEF0 DAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Kasus : CV. Gotani Muda Karya). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Gita Pricilia_183010084_Teknik Industri.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Jagung merupakan salah satu pangan pengganti gandum dan padi yang digunakan sebagai makanan pokok. Selain itu, jagung dapat dimanfaatkan pula menjadi bahan pakan ternak dan bahan industri. Salah satu provinsi yang termasuk kedalam sentra jagung ialah Kabupaten Jember yang terletak di provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jember ini terdiri dari 31 kecamatan, 22 kelurahan, dan 226 desa. Kebutuhan akan jagung dari tahun ke tahunnya selalu mengalami peningkatan, sehingga sangat dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendukung para petani dalam meningkatkan produktivitasnya, baik dalam sistem pengolahan maupun sistem pemasarannya. Salah satu yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan analisis rantai pasok, karena rantai pasok dapat memberikan keuntungan yang lebih baik untuk para petani maupun pemilik perusahaan karena dapat mengetahui ke tiga aliran yang harus dikelola, yaitu aliran barang yang memberikan penjelasan mengenai proses barang dari hulu hingga ke hilir, aliran keuangan yang berkaitan dengan biaya pengeluaran maupun keuntungan yang dapat diperoleh dari memproduksi jagung, dan aliran informasi yang berkaitan dengan proses komunikasi antar mata rantai. Penelitian yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Untuk metode pertama yaitu tools IDEF0, dimana tools ini digunakan untuk merancang proses bisnis jagung yang ada di Kabupaten Jember, lalu metode Business Model Canvas (BMC) yang digunakan untuk mendeskripsikan model bisnis kedalam sembilan blok elemen, dan metode analisis SWOT yang digunakan untuk menganalisis strategi bisnis dengan memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities), dan meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Kata Kunci : Jagung, Business Model Canvas, SWOT, IDEF0, Rantai Pasok

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:19
Last Modified: 21 Nov 2022 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61616

Actions (login required)

View Item View Item