PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KELUAR MASUK MATERIAL PADA GUDANG PT. UJH INDONESIA POWER (Studi Kasus: GUDANG PT. INDONESIA POWER UJH SURYALAYA)

Ramdany, Suci Septya (2022) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KELUAR MASUK MATERIAL PADA GUDANG PT. UJH INDONESIA POWER (Studi Kasus: GUDANG PT. INDONESIA POWER UJH SURYALAYA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Suci Septya Ramdany_163040050_Teknik Informatika.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

PT. UJH Indonesia Power adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang pembangkit listrik. UJH sendiri adalah salah satu unit pemeliharaan dari pembangkit listrik di PT. Indonesia Power dimana UJH ini sendiri bekerja dengan sistem Over Haul atau pekerjaan periodik yang sudah ditentukan jadwal pekerjaannya pada setiap tahun. PT. UJH Indonesia Power ini memiliki gudang untuk penyimpanan material. Gudang yang ada di PT. UJH tersebut telah menggunakan metode Dedicated Storage dimana penyusunan produk dengan menempatkan satu produk pada satu lokasi penyimpanan saja. Juga dalam pengelolaan material keluar masuk gudang ini sudah menggunakan sistem FIFO (first in first out) dimana pada sistem ini material yang datang terlebih dahulu akan keluar terlebih dahulu juga. Banyaknya data dan sistem informasi yang akan diolah pada gudang tersebut dirasa kurang memadai karena sistem pergudangan yang masih menggunakan sistem manual dan sebab itu akan banyak menyita waktu terlebih data yang dihasilkan kurang akurat untuk pengolahan data seperti data material. Kondisi tersebut perlu adanya perbaikan sistem, penerapan sistem informasi pada inventory tersebut dapat dilakukan dengan adanya sistem barcode yang akan memudahkan dalam proses keluar masuk material. Pada gudang ini juga masih belum menggunakan sistem yang komputasi dimana dalam prosespemesanan hingga pengarsipan data material masih manual. Hal tersebutlah yang akan membuat memiliki dampak yang besar, karena sistem manual dapat terjadi adanya human error atau kesalahan pada manusia itu sendiri Dengan adanya perancangan sistem informasi proses keluar masuk material, pemesanan material dapat dilakukan dengan sistem komputasi sehingga dapat mengurangi resiko human error. Selain itu juga material akan diberikan barcode yang dimana data material yang masuk dan keluar serta kadaluarsa terhadap material juga dapat dilihat stock material melalui database gudang juga pelaporan terhadap material dapat dengan mudah diakses. Kata Kunci : barcode, material

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:30
Last Modified: 21 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61614

Actions (login required)

View Item View Item